Waspada ! Ini Dia Bahaya Makan Mie Instant Dengan Nasi

0
19
Bahaya Makan Mie Instant Dengan Nasi - brosehat.com
Bahaya Makan Mie Instant Dengan Nasi

Makan mie instan dan nasi memang terasa enak
Enak dilidah…. tapi bahaya mengintai jika dikonsumsi bersama

Dikutip dari kompas.com menurut ahli gizi dr. Samuel Oetoro M.S Sp.GK., “Mencampur dua jenis makanan itu akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh”.

Bahkan kandungan karbohidrat yang terdapat di dua jenis makanan baik nasi dan mie berpotensi menyebabkan penyakit diabetes.

“Jika Anda adalah termasuk orang yang gemar mengkonsumsi mie instan dicampur dengan  nasi putih, maka risiko menjadi pengidap diabetes akan meningkat diakibatkan peningkatan gula darah” tuturnya.

Dari Vemale.com, bahwa di dalam satu bungkus mie instan terdapat kandungan 400 kalori.
Jika dicampur dengan nasi total kalorinya mencapai 600 sampai 700 kalori.

Jadi, selain berpotensi memiliki penyakit diabetes percampuran karbohidrat dari kedua makanan tersebut ternyata juga bisa membuat indeks glikemik naik dan gula dalam darah melonjak dengan cepat hingga berpotensi mengalami obesitas.

Dan yang perlu diketahui bahwa terdapat kandungan penyedap rasa / Mononatrium glutamat (MSG) dan garam,sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Bukan rahasia umum lagi bila mie instan adalah makanan paling banyak mengandung Mononatrium glutamat (MSG), sekitar 1580 mg sodium per bungkus. Kandungan natrium yang ada dalam mie instan setara 2622 mg garam dapur. Sedangkan untuk minimalnya saja penderita tekanan darah tinggi hanya boleh mengkonsumsi 2000 mg garam dapur.Maka dari itu Kandungan MSG yang tinggi inilah yang berbahaya untuk penderita tekanan darah tinggi (Hipertensi).

Jadi, untuk mengendalikan dampak buruk mengkonsumsi nasi dan mie instan bersamaan ada tips mudahnya. Menurut Lisa Young seorang ahli gizi dan profesor di New York University mengatakan bahwa sebenarnya mi instan masih bisa dikonsumsi. Caranya adalah konsumsi jangan setiap hari dan berlebihan, tambahkan sayur dan telur.

Dari sisi praktis, memasak mie instan sangat mudah dan murah, tanpa lauk lain, rasa mie instan memang enak. Jika ditambah nasi, terasa lebih nikmat. Sayangnya, kebiasaan praktis ini bisa membahayakan kesehatan Anda.