Uban di Usia Muda, Mengapa dan Bagaimana Cara Mencegahnya ?

0
36

Apa arti Uban ?

Uban adalah perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau putih, disebabkan oleh perubahan atau berkurangnya kadar melanin dalam rambut.

Tentang Uban

Produksi melanin pada tubuh akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Sehingga muncul uban pada rambut orang yang telah berusia di atas 30-an.

Proses ini dimulai dari ujung rambut berubah menjadi keabuan pada akhirnya memutih secara keseluruhan. Ini disebabkan karena sel melanosit yang berada pada akar rambut menjadi tidak aktif, menurun jumlahnya, dan kelamaan menghilang.

Kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin itu tidaklah hanya dipengaruhi oleh faktor usia.

Ada beberapa faktor lain yang membuat produksi melanin dalam tubuh seseorang terganggu dan menyebabkan munculnya uban. Seperti dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa di antaranya:

Genetika (Ras dan Etnik)

Rambut uban dini mayoritas dikarenakan alasan genetika, menurut laporan tahun 2013 di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, Ras dan etnis memainkan peran juga.

Pemutihan dini pada orang kulit putih (Kaukasian) dimulai sejak usia 20 tahun, sementara seseorang bisa berusia 25 tahun untuk orang Asia, dan 30 tahun di populasi orang Afrika-Amerika.

Penelitian dari NYU School of Medicine, etnis seseorang sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya uban. Pada etnis Kaukasian misalnya, memutihnya warna rambut lebih cepat terjadi dibanding orang Asia atau Afrika-Amerika.

Faktor genetik juga berperan pada percepatan tumbuhnya uban dirambut. Artinya dengan riwayat keluarga yang memiliki uban sejak usia muda, berpotensi besar keturunannya akan mengalami hal serupa.

Kekurangan Vitamin

Dalam jurnal Development tahun 2015 mencatat berbagai studi kekurangan vitamin D-3, vitamin B-12, dan tembaga ada hubungannya dengan rambut beruban. Ini menemukan kekurangan gizi mempengaruhi pigmentasi, sehingga menunjukkan rambut beruban karena kekurangan vitamin.

Sebuah studi tahun 2016 yang dilaporkan dalam International Journal of Trichology, melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan uban prematur pada anak-anak muda India di bawah usia 25 tahun. Ini menemukan kadar feritin  rendah, vitamin (vitamin B6, B12, D dan E), dan kolesterol baik HDL-C juga rendah dapat menyebabkan tumbuhnya uban lebih awal pada usia anak dan remaja.

Para ahli sepakat bahwa untuk mencegah uban di usia muda, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B12, vitamin B9, biotin, vitamin D, atau vitamin E tembaga, dan zink.

Semua mineral dan vitamin itu terkandung pada telur, ikan, bayam, asparagus, sawi hijau, tiram, kerang, daging sapi, kacang mete, hazelnut, dan almond.

Gaya Hidup

Sebuah penelitian dari tahun 2013 yang dilaporkan dalam Dermatology Online Journal Italia, menunjukkan bahwa perokok lebih cepat beruban sebelum berusia 30 tahun, pada penelitian yang sama di tahun 2013, menunjukkan bahwa kebiasaan merokok dapat membuat seseorang mengalami penuaan dini, dan seorang perokok memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk beruban sebelum usia 30.

Studi tahun 2015 di Journal of American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan rambut putih prematur pada pria muda.

Stres Oksidatif

Stres oksidatif menyebabkan ketidakseimbangan ketika antioksidan tidak cukup untuk melawan efek merusak radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel, berkontribusi pada penuaan dan penyakit.

Dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit-vitiligo. Vitiligo (bercak putih pada kulit) juga bisa mengubah rambut putih karena hilangnya pigmen kulit (melanin).
Semakin sering seseorang mengalami stres oksidatif, maka semakin tinggi kemungkinan untuk mengalami penyakit, salah satunya adalah Vitiligo.

Kondisi medis tertentu

Pengidap Alopecia ada 3 jenis Alopecia areata, totalis dan universal. Menurut American Academy of Dermatology Alopecia areata (kebotakan hanya pada titik tertentu) adalah kasus yang paling sering terjadi, sebuah penyakit autoimun yang menyebabkan rambut rontok umumnya pada kulit kepala, wajah dan bagian tubuh lainnya. Ketika rambut tumbuh kembali, cenderung berwarna putih karena kekurangan melanin.

Kebiasaan yang dapat mencegah uban di usia muda:

Konsumsi Jenis Makanan Vitamin B12

Vitamin B12 tidak saja mempertahankan kesehatan kulit kepala, vitamin B12 bermanfaat mengembalikan warna rambut agar tak berubah jadi uban. Beberapa makanan yang kaya vitamin ini antara lain yang beragi, keju, alpukat, jeruk, plum, dan cranberry.

Penggunaan Produk Rambut dan Konsumsi Makanan Mengandung Biotin

Biotin adalah bahan alami berkhasiat mempertahankan warna hitam rambut. Karenanya kalau ingin menghilangkan uban di usia muda, konsumsilah makanan sumber biotin seperti oat dan almond.

Gunakan Minyak Rambut Alami

Kebanyakan anak muda enggan meminyaki rambutnya. Kelalaian inilah yang biasanya menyebabkan folikel rambut lemah sehingga menyebabkan rambut jadi tipis, putih, serta kusam. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak almond atau zaitun untuk menutrisi kulit kepala.

Referensi

www.halodoc.com – Kenali Penyebab Uban di Usia Dini
Kompas.com – 4 Cara Mencegah Uban di Usia Muda
DokterSehat.Com– Ini Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda, Apa Saja?