Tips Mengindari Angina Pektoris atau Angin Duduk Penyebab Kematian Mendadak

0
33

Angin duduk atau angina (angina pektoris) adalah penyakit dimana berkurangnya darah yang mengalir pada jantung, angina sebenarnya bukan termasuk penyakit melainkan gejala serangan jantung.

Mengatasi Penyebab Angin Duduk

dr. Jetty Sedyawan mengatakan “angin duduk itu bahasa awam yang dirasakan seperti masuk angin berat, biasanya dikerik atau dipijat gejalanya tidak hilang. Sebetulnya itu kena serangan jantung.”
Di Indonesia sendiri penyakit ini sangat umum terjadi dengan 2 juta kasus per tahun, lantas apakah ada pertolongan pertama jika terjadi serangan angin duduk dan cara mengobatinya?

Ternyata ada pertolongan pertama dan resep mudah yang bisa dibuat dirumah untuk mengobati angin duduk seperti dibawah ini!

1.Oleskan minyak angin dan air hangat
Dikutip dari laman Merdeka.com, Oleskan minyak angin di dada, perut dan pinggang. Lalu isi 2 botol air hangat letakkan 1 botol di ulu hati dan yang satunya di telapak kaki dengan posisi terbaring jika masih belum keluar gunakan jaket tebal atau selimut hingga mengeluarkan angin dingin dan buang angin

2.Mengkonsumsi Obat Anti Platelet (Aspirin)
Obat anti platelet yang dijual di apotek adalah aspirin, selain berguna untuk mengurangi nyeri ternyata aspirin juga bisa membantu melonggarkan penyumbatan pembuluh jantung.

3.Menyeduh Jahe 
Jahe memang baik untuk pencernaan ternyata bisa mengobati penyakit angin duduk, caranya dengan menyeduh 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok makan jahe bubuk atau 1 iris seukuran ibu jari dewasa yang diparut. Konsumsi secara rutin 3 kali sehari untuk mengobati angin duduk.

4.Mengonsumsi kemangi
Ketika memakan lalapan biasanya ada daun kemangi (basil) ternyata selain berkhasiat mencegah bau badan, konsumsi kemangi juga bisa mengurangi penumpukan kolesterol di pembuluh darah, ketika nyeri dada anda bisa langsung mengunyah 8-10 lembar daun. Sama dengan jahe anda bisa membuat kemangi menjadi teh untuk mengobati angin duduk.

Pola hidup yang sehat berperan penting untuk mengobati angin duduk karena ternyata angin duduk juga bisa disebabkan faktor eksternal seperti obesitas, kurang berolahraga, merokok.