Tentang Kangker Paru , Penyakit Yang Mengintai Untuk Anda Yang Suka Merokok

1
34

Kanker paru ialah keadaan dimana beberapa sel tumbuh dengan tidak teratasi di paru paru. Kanker paru adalah salah satunya type kanker yang sangat umum terjadi di masyarakat. Keadaan ini umumnya dialami oleh beberapa perokok, baik aktif ataupun pasif.

Bahaya Merokok
Bahaya Merokok Untuk Paru Paru

Pada bagian awal, tidak ada tanda-tanda atau sinyal yang menandakan timbulnya kangker pada paru, hingga banyak pasien yang tidak mendapatkan diagnosis pada awal timbulnya penyakit kangker paru ini. Akibatnya, waktu kangker terdeteksi, kanker sudah terlanjur menebar,serta telah terlambat untuk diobati. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda kanker paru supaya penanganan yang dikerjakan bisa lebih baik serta efisien.

Tanda-tanda awal kanker paru 

  • Batuk yang tidak kunjung berhenti  bahkan kondisinya malah makin lebih buruk 
  • Batuk dengan lendir atau dahak yang berdarah 
  • Ngilu dada yang makin bertambah tidak baik saat batuk, ketawa, atau saat ambil napas dalam 
  • Sesak napas atau napas pendek serta berbunyi saat bernafas
  • Terasa capek atau lemah 
  • Hilangnya nafsu makan hingga berat tubuh turun 
  • Infeksi pada paru, seperti bronkitis serta pneumonia, yang selalu muncul kembali. 
  • Nada serak 

Tanda-tanda kanker paru bila sudah menebar ke organ lainJika telah menebar ke organ sekelilingnya, kanker paru bisa mengakibatkan: 

Tanda Tanda Kangker Paru
Tanda Tanda Kangker Paru
  • Ngilu tulang (seperti perasaan sakit dibagian punggung atau pinggul). 
  • Perubahan sistem saraf (seperti sakit kepala, tangan atau kaki berasa lemah atau mati , pusing, berkunang-kunang, atau kejang) bila kanker menebar ke otak atau sumsum tulang belakang. 
  • Mata serta kulit menguning (penyakit kuning) bila kanker menebar ke hati. 
  • Tonjolan di dekat permukaan badan, sebab kanker menebar ke kulit atau kelenjar getah bening (kumpulan sel sistem ketahanan badan), seperti di leher atau diatas tulang selangka. 
  • Tumor dibagian atas paru-paru dapat memengaruhi saraf muka, mengakibatkan terkulai satu kelopak mata, pupil kecil, atau kurang keringat di satu bagian muka. 

Mengapa perokok lebih beresiko kanker paru?

Tidak semua perokok mempunyai kanker paru, serta tidak banyak orang yang mempunyai kanker paru ialah seseorang perokok. Akan tetapi, merokok merupakan aspek penyebab penting yang mengakibatkan kanker paru. Makin banyak Anda merokok serta makin lama Anda merokok, makin besar resiko kanker paru pada Anda.

Tidak cuma perokok aktif, perokok pasif juga berisko mempunyai kanker paru. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), asap rokok bertanggungjawab atas lebih kurang 7.300 kematian akibat kanker paru setiap tahun di Amerika Serikat. Produk tembakau memiliki kandungan lebih dari 7.000 bahan kimia, serta sekurang-kurangnya 70 diketahui mengakibatkan kanker.

Waktu Anda menghirup asap rokok, kombinasi bahan kimia ini di kirim langsung ke paru-paru Anda, di sinilah mulainya rusaknya paru-paru Anda. Pada mulanya, rusaknya ini bisa diperbaiki oleh badan. Tetapi serangan terus-menerus serta keberlanjutan dari merokok ini mengakibatkan kerusakan pada jaringan paru-paru semakin bertambah serta susah diatasi. Kerusakan berikut yang menyebabkan beberapa sel bereaksi dengan tidak normal sampai pada akhirnya muncul sel kanker.

Mantan perokok masih tetap beresiko terserang kanker paru-paru, akan tetapi berhenti merokok dapat menurunkan resiko itu dengan berarti. Dalam tempo 10 tahun sesudah berhenti merokok, resiko kematian karena kanker paru-paru turun setengahnya.

Tips menanggulangi tanda-tanda kanker paru

Jika Anda mempunyai gejala-gejala itu yang membuat Anda tidak nyaman, segera kerjakan kontrol ke dokter. Makin cepat Anda mendapatkan diagnosis, jadi makin cepat juga Anda mendapatkan penyembuhan yang pas.

Bila Anda telah didiagnosis kanker paru oleh dokter, langkah penting yang perlu dikerjakan ialah singkirkan rokok dari hidup Anda. Berhenti merokok selekasnya. Bila Anda mempunyai kanker paru lantaran Anda ialah perokok pasif, Anda mesti bicara dengan orang yang merokok serta memberitahu mereka untuk berhenti demi Anda serta mereka juga.

Tidak hanya itu, awalilah pola hidup sehat. Sebetulnya tidak butuh menunggu sampai tua atau sakit dahulu untuk melakukan pola hidup sehat. Kerjakan sesegera mungkin. Mulai berolahraga serta diet yang sehat akan senantiasa menjadi landasan untuk badan yang sehat.

Coba untuk olahraga sebanyak yang Anda bisa, tetapi janganlah terlalu berlebih. Pelajari cara untuk mengatur pernafasan Anda saat berolahraga adalah hal yang terpenting untuk pasien dengan kanker paru-paru.

Bila Anda seseorang perokok, membuat perlindungan diri dengan asuransi kesehatan ialah langkah yang tidak kalah penting, untuk memastikan tanda-tanda awal kanker paru Anda dapat segera diatasi oleh tim medis, tanpa butuh ditunda-tunda, lantaran terbatasnya finansial. Penyembuhan kanker yang terlambat, khususnya jika kanker telah menebar ke sisi lainnya, mempunyai tingkat kesembuhan yang lebih rendah.

SumberEverything You Need to Know About Lung Cancer : https://www.healthline.com/health/lung-cancer#stages2 dibuka 10 November 2017 

Signs and Symptoms of Lung Cancer : https://www.cancer.org/cancer/lung-cancer/prevention-and-early-detection/signs-and-symptoms.html dibuka 10 November 2017. 

Symptoms and Stages of Lung Cancer : https://www.healthline.com/health/lung-cancer/symptoms-stages#symptoms3 dibuka 10 November 2017.