Tanda Tanda Anda Hamil Muda dan Cara Akurat Mengetes Kehamilan

0
53

Hamil merupakan kondisi dimana seorang wanita memiliki embrio didalam rahimnya , saat hamil biasanya kondisi wanita akan memunculkan tanda tanda yang tidak biasa yang disebabkan karena seorang wanita  sedang hamil , pada umumnya tanda awal kehamilan sama seperti halnya dengan tanda saat seorang wanita sedang mengalami menstruasi

Tanda Tanda Anda Hamil Muda dan Cara Akurat Mengetes Kehamilan
Tanda Tanda Anda Hamil Muda dan Cara Akurat Mengetes Kehamilan

Berikut Tanda Tanda Awal Kehamilan :

Keadaan hati yang berubah-ubah 
Waktu mulai hamil, suasana hati bisa jadi berubah-ubah dengan mendadak. Perihal ini terkait oleh karena ada perubahan hormon di dalam tubuh. Tanda-tanda ini dirasa normal, khususnya pada trimester pertama kehamilan. Keadaan ini bisanya membuat Anda jadi gampang emosi, kuatir, menangis, bahkan juga sampai memperlihatkan tanda-tanda stres.

Kram serta perdarahan  dan Muncul Bercak
Wanita yang baru saja hamil kadang mengalami kram di bagian bawah perut. Kram yang dihadapi ini mirip kram saat haid. Itu sebabnya, beberapa wanita tidak mengerti jika dirinya sendiri mulai hamil. Tidak hanya itu, Anda mungkin akan mengalami perdarahan implantasi berbentuk bercak-bercak. Keadaan ini dikarenakan oleh proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim.

Telat Menstruasi
Umumnya wanita mencurigai dirinya sendiri sedang hamil sesudah menyadari haid yang tidak kunjung datang. Akan tetapi, jangan sampai tertipu, karena banyak pula kelainan yang mengakibatkan terhentinya siklus haid. Perubahan berat tubuh yang signifikan, mengkonsumsi pil kontrasepsi, mengalami depresi, serta pergantian hormon merupakan beberapa faktor yang sangat mungkin membuat haid jadi tidak teratur.

Kerap buang air kecil 
Anda merasa seringkali ke kamar mandi, baik di siang hari ataupun saat malam hari? Jika iya, ada kemungkinan ini adalah tanda-tanda awal kehamilan. Waktu mulai hamil, badan akan memompa darah dalam jumlahnya yang semakin banyak, hingga ginjal mesti memroses cairan lebih banyak. Oleh karenanya, Anda juga jadi sangat sering buang air kecil. Pada beberapa wanita, tanda-tanda sering buang air kecil mulai terasa waktu masuk minggu ke 6 sampai 8 kehamilan.

Berubahnya Ukuran Payudara
Setelah terjadi pembuahan, kandungan hormon di pada tubuh akan berubah. Salah satunya mengakibatkan ialah terjadinya perubahan pada payudara. Payudara wanita yang hamil kemungkinan akan mengalami pembesaran, berasa lebih penuh, ngilu, serta menghitam di daerah seputar puting (areola).

Sakit kepala 
Sakit kepala termasuk juga satu diantaranya tanda-tanda awal kehamilan yang sering dirasakan wanita hamil. Keadaan ini didorong oleh terdapatnya pergantian hormon di dalam tubuh serta penambahan tekanan darah lantaran bertambahnya banyaknya darah saat hamil. Type sakit kepala yang seringkali dihadapi oleh wanita yang tengah hamil ialah sakit kepala ringan, tapi akan sangat sering.

Mengalami konstipasi atau sembelit 
Tanda-tanda awal kehamilan dapat juga diikuti dengan timbulnya konstipasi. Pergantian hormon saat hamil mengakibatkan kerja sistem pencernaan jadi lebih lamban, hingga membuat wanita hamil sering mengalami konstipasi.

Reaksi pada makanan begitu berlainan 
Ada dua reaksi berlainan pada makanan waktu Anda tengah hamil. Anda dapat begitu suka pada makanan tertentu atau bahkan juga begitu tidak menyukainya. Keadaan ini biasa disebut oleh orang indonesia dengan istilah “ngidam”. Kedua reaksi ini adalah keadaan normal yang sering dihadapi oleh wanita hamil, serta disangka berhubungan dengan perubahan hormon.

Cara Memilih Alat Pengetes Kehamilan

Sebagai pasangan yang telah menikah menantikan kehadiran buah hati memang hal yang paling berharga apalagi kehadiran  “si kecil” untuk yang pertama kalinya. Sebagai pasangan muda yang kurang pengalaman wajar saja masih bingung memilih tipe dan jenis merek alat tes kehamilan yang tersedia di apotek atau supermarket. Ini ada cara praktis mendeteksi kehamilan beserta tips dan trik menggunakan bahan yang biasa digunakan dirumah juga tentunya tak kalah akurat dari alat tes kehamilan.

Fakta Penting :
Perlu diingat calon bunda, kehamilan hanya bisa terdeteksi di minggu ke empat karena berkaitan dengan masa ovulasi dan fertilisasi. Saat minggu ketiga adalah masa ovulasi dimana sel telur siap dibuahi dan sedang menuju tuba Fallopi dengan ciri meningkatnya suhu tubuh di pagi hari ketika bangun tidur. Periode ini paling esensial jika anda sudah melakukan “aktivitas”. Jika sel telur dan sel sperma bertemu maka terjadi pembelahan pada sel telur dan menempel di dinding rahim. Pada saat ini tubuh bunda melepaskan hormon human chorionic gonadotropin (hCG).

1.Memilih Jenis Test Pack yang Akurat
Cek ukuran mIU/ml (mili-International Unit per mililiter) biasanya antara 10 – 40 mIU/ml, pilihlah dengan ukuran paling rendah semakin rendah maka semakin sensitif dan akurat.

2.Macam tes Kehamilan
Ada 2 tes yang bisa digunakan tes urine dan tes darah. Bedanya tes urine bisa dilakukan sendiri dan tes darah harus janji temu dengan dokter, keakuratan tes urine adalah 97% dan mulai gunakan test pack saat hari ke- 10 anda terlambat haid. Jika dilakukan terlalu dini atau tidak benar maka hasilnya akan negatif tapi jika anda mengalami gejala kehamilan seperti terlambat menstruasi, mual serta mudah lelah maka beri jeda seminggu lalu segera kunjungi ke dokter kandungan.

3.Bahan Dapur yang bermanfaat sebagai pengganti alat test kehamilan
Gula  yang jadi pemanis minuman ini bisa membantu deteksi kehamilan, caranya dengan tampung air kencing harus yang pertama kali ketika bangun pada pagi hari. Campurkan 2 sampai 3 sendok makan jika gula hanya melebur maka hasilnya negatif tapi jika menggumpal berarti positif.
Cuka dengan cara seperti gula larutkan cuka secukupnya ke larutan yang sudah ditampung jika ada perubahan warna maka terjadi kehamilan.

Bonus : 
Dari laman sehatperempuan.blogspot,  Pasta Gigi juga bisa digunakan sebagai alat test kehamilan, pilih pasta gigi warna putih lalu campurkan 2-3 tetes ke cairan urine yang sudah ditampung. Jika ada perubahan warna menjadi biru atau berbusa maka hasilnya kemungkinan anda hamil.
Fakta Penting:

Robin Elise Weiss, PhD mengatakan bahwa kebanyakan dokter merekomendasikan tes kehamilan dilakukan saat buang air kecil pertama kali di pagi hari karena urine cenderung mengandung konsentrasi tinggi human chorionic gonadotropin (hCG).

Dikutip dari laman fimela.com kebiasaan begadang ternyata tidak baik untuk sensitivitas  urine, jika buang air kecil saat malam akan berpengaruh pada konsentrasi kandungan hormon hCG pada urine di pagi hari. Jika bangun kesiangan tapi ingin melakukan tes kehamilan selama 4 jam jangan pernah ke kamar mandi sambil batasi konsumsi minum agar urine pekat dan konsentrasi hormon tinggi.

sumber referensi artikel : https://www.alodokter.com/pahami-gejala-awal-kehamilan-agar-anda-tidak-salah-tebak