Sering Terbangun Saat Tidur , Ini Dia Artinya Menurut Jam Terbangunnya

0
22
Sering Terbangun Saat Tidur , Ini Dia Artinya Menurut Jam Terbangunnya
Sering Terbangun Saat Tidur , Ini Dia Artinya Menurut Jam Terbangunnya

Sering terjaga atau ketika sudah terlelap dimalam hari tiba-tiba terbangun? .Ternyata terbangun mendadak dimalam hari memiliki arti baik dari kondisi tubuh dan jiwa, mari kita bahas apa saja fakta menarik tentang terbangun mendadak saat tidur di malam hari.

1.Terbangun di malam hari = Insomnia ?
Gangguan tidak bisa tidur bisa disebut insomnia dan insomnia tengah malam ini bisa diakibatkan banyak faktor. Kebanyakan orang bangun pada malam hari saat ingin ke toilet.
Seseorang yang memiliki riwayat penyakit nyeri kronis (arthritis), diabetes, tiroid, ginjal, sleep apnea (penghentian bernapas) jika aktivitas ini sering terjadi segera konsultasikan ke dokter.

2.Usia dan Gender
Wanita hamil juga sering terbangun pada malam hari karena pergerakan janin, nyeri punggung, kaki bengkak, rasa panas sampai sering buang air kecil.
Wanita muda sebelum menstruasi juga dan para lansia juga sering terjaga di malam hari karena orang tua sering tertidur di siang hari hingga terjaga di malam hari.

3.Mental
Stres dan kekhawatiran akan masalah yang belum selesai sebelum tidur tanpa anda sadari akan membuat anda terus berpikir hingga mengganggu kualitas tidur.

Menurut Direktur Sleep Disorder di Cleveland Clinic,  Nancy Foldvary Schaefer mengatakan “Insomnia akut sangat umum terjadi dan bisa jadi stres dalam kehidupan”. Menulis jurnal tentang kekhawatiran membantu mengurangi stres sebelum tidur, dengan merenungi penyebab stres diatas tempat tidur hanya akan memburuk gangguan tidur.

4.Hindari Menonton TV dan Meminum Kafein
Sebagian orang yang terjaga di malam hari malah mengkonsumsi  kopi dan asyik menonton tv, rubah kebiasaan tersebut dengan hal lain yang santai dan membosankan. Seperti minum susu, membaca buku, membaca koran, menyetrika pakaian ketika anda mulai menguap anda bisa melanjutkan tidur lagi.

5.Waktu Terjaga berkaitan dengan Kondisi Kesehatan Tubuh dan Jiwa
Dikutip dari laman boldsky.com, Tubuh manusia memiliki jam alami tersendiri dan berkaitan dengan kesehatan tubuh. Dan jam terbangun dari tidur memiliki arti bagi kesehatan tubuh dan jiwa, apa sajakah arti jam bangun dengan kesehatan tubuh dan jiwa?

21.00 – 23.00 (9-11 ) malam
Ini berarti anda sedang stres atau sedang banyak masalah. Cobalah mengikuti saran Nancy Foldvary Schaefer dengan menulis hal atau masalah yang membuat anda stres dan tertekan.

01.00 – 03.00 (1-3 ) dini hari
Anda memiliki masalah psikologis berupa kemarahan yang belum tersalurkan dan dari segi fisik anda memiliki penyakit hati. Minum segelas air putih bisa membantu anda merasa lebih baik.

03.00 – 05.00 (3-5 ) pagi hari
Bangun pada jam ini sangat baik namun jika sebelumnya anda mengalami insomnia maka anda mengalami gangguan paru-paru atau kesedihan yang mendalam.

05.00 – 07.00 (5-7 ) pagi hari
Kebiasaan yang baik jika bangun pada jam ini, namun jika sebelumnya anda tidur terlalu larut dan terbangun pada jam ini berarti anda sedang bosan dengan rutinitas atau mengalami gangguan pencernaan di bagian usus.