Pudarkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Tradisional dan Medis

0
40

Pock Marks  (bopeng Bekas Jerawat) juga disebut sebagai bekas luka atrofi( hiperpigmentasi). Ciri-cirinya adalah tekstur kulit menjadi tidak rata, bahkan menyebabkan kulit terlihat seperti berlubang.
Terbentuknya lubang-lubang atau lekuk-lekuk pada kulit akibat jerawat juga bisa terjadi karena kebiasaan memencet atau menyentuh jerawat.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat
Gambar diambil dari : PNGtree

Akibatnya, kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut sebagai jaringan parut. Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang (bopeng). Bekas luka atrofi contohnya seperti jerawat atau cacar air. Beberapa orang, juga dipengaruhi oleh faktor genetik.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan alat medis dan bahan kimia 

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan alat medis


1. Chemical Peeling
Peeling atau  pengelupasan kulit untuk mengurangi jaringan parut. Peeling lebih dianjurkan untuk membuat pengelupasan kulit pada bekas luka yang tidak dalam. Peeling tidak maksimal memudarkan pock marks atau bopeng.

Peeling wajah ini bisa dilakukan menggunakan cairan khusus wajah yang mengandung lapisan asam yang diaplikasikan ke wajah:

Asam glikolat, Asam piruvat, Asam salisilat, Asam trikloroasetat (TCA).
Efek samping yang sering dialami adalah kulit kemerahan dan iritasi setelah peeling (pengelupasan.)

2. Krim wajah dan Masker 
Krim ini bekerja dengan melembapkan kulit dan mengurangi gejala seperti gatal atau kemerahan. Penggunaan krim ini juga harus dilakukan terus menerus.
Pemakaian krim memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun kerjanya, tergantung komposisi krim tersebut dan kecocokan dengan kulit

Beberapa masker juga mengandung bahan seperti krim untuk merangsang pertumbuhan kulit baru (regenerasi) dan mengurangi bekas luka. Namun, kekuatan obat dalam masker bisanya kadarnya rendah, diperlukan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Dermabrasi
Dermabrasi bisa membuat hasil kulit yang merata tanpa penggunaan bahan kimia (Peeling, Krim sampai masker). Pada proses ini kawat kecil halus yang berputar dilewatkan pada kulit yang mengalami luka untuk mengikis bopeng dari lapisan kulit terluar sampai lapisan tengahnya
Hal ini akan membantu menciptakan tampilan yang lebih merata pada kulit. Dermabrasi harus dilakukan oleh dokter yang ahli di bidangnya, Karna jika kurang tepat akan meningkatkan risiko menciptakan bekas luka baru yang membesar atau menyebabkan infeksi kulit.

4. Dermal filler
Derma filler adalah penyuntikan wajah untuk mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya rata dengan kulit sebenarnya. Metode pengisian kulit untuk meratakan bagian yang bopeng.
Pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat (FDA) hanya menyetujui bellafil sebagai perawatan derma filler untuk bekas jerawat. Selain itu ada produk dipasaran yang digunakan termasuk asam hialuronat dan kalsium hidroksilapit.

Derma filler biasanya berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung jenis produk yang digunakan. Bellafil biasanya efeknya berlaku hingga 5 tahun.
Efek samping metode ini seperti terjadinya iritasi kulit, infeksi, atau reaksi alergi.

5. Lapisan laser ablatif
Metode perawatan ini bekerja dengan menghilangkan lapisan tipis kulit Anda. Metode ini biasanya membutuhkan satu hingga dua minggu untuk  perawatan medis dan pemulihan. Hasil dari metode ini bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa perawatan tambahan lainnya.
Efek samping metode ini seperti terjadinya, seperti adanya perubahan warna kulit, kemerahan dan pembengkakan. Sehingga diperlukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cara Tradisional dan Bahan Alami 

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara Tradisional dengan Bahan Alami


1.Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lidah buaya
Lidah buaya akan membuat kulit tetap terhidrasi dan pori-pori akan menutup, sekaligus menghilangkan kelebihan minyak (sebum) dan kotoran dari kulit wajah.

Oleskan gel lidah buaya ke wajah dan biarkan bekerja semalam.
Pagi harinya, bilas wajah dengan air hangat.

2.Cuka apel
Cuka apel bisa menutup pori-pori yang membesar dan mengatur pH kulit

Campur satu sendok makan dengan cuka apel dengan 5 sendok makan air dan masukkan ke dalam botol semprot dan gunakan sebagai toner alami.

3.Masker putih telur dan Oatmeal
Putih telur dan oatmeal dapat mengecilkan pori-pori, menghilangkan kelebihan minyak dan mengelupas sel kulit mati.
Oatmeal juga dapat menenangkan kulit dan bisa digunakan oleh orang dengan kulit sensitif.

  • Campurkan 1 butir putih telur, 2 sendok makan oatmeal dan 2 sendok makan jus lemon yang kemudian dioleskan pada wajah selama setengah jam. Bilas dengan air dingin dan ulangi setiap hari sampai pori-pori mengecil.
  • Campurkan 2 sdm susu bubuk, 5 sdm oatmeal kemudian oleskan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 15 menit sampai mengering. Ulangi dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati.

4. Madu
Madu memiliki khasiat antibakteri, madu kaya akan potasium yang membunuh bakteri penyumbat pori-pori.
Campurkan madu dan yoghurt, oleskan para pori-pori yang membesar bilas setelah beberapa menit.

5. Es batu
Es batu membantu kulit agar tetap dingin dan mengecilkan pori-pori dengan menempelkan es batu pada wajah sebelum tidur.

sekian , itu dia bagaimana cara pudarkan bopeng bekas jerawat secara alami dan menghilangkan bopeng bekas jerawat secara medis , semua cara untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut bisa kalian lakukan.