Pesta Sambil Berdiri Tren Pesta Kekinian yang Berbahaya Bagi Pencernaan

0
31
Bahaya Makan Sambil Berdiri - brosehat.com
Standing Party – Bahaya Makan Sambil Berdiri

Di zaman modern yang segala hal serba instan dan efisien mempengaruhi segala aktivitas pola hidup, terutama ketika mengadakan acara di perkotaan. Lahan luas terbatas juga biaya yang mahal untuk menyewa sebuah gedung, standing party menjadi pilihan. Karena tidak menggunakan tempat yang luas sebab semua orang makan sambil berdiri. Tapi jangan salah selain praktis dan ekonomis, ternyata menyantap hidangan sambil berdiri banyak mengandung dampak negatif bagi kesehatan.

Apa saja akibat buruk dari Makan dan Minum Sambil Berdiri ?
1.Program Diet menjadi gagal
Sering mengeluh karna masalah berat badan dan sering menyalahkan program         
diet sebenarnya banyak hal yang membuat berat badan tidak turun.
Mungkin ada yang salah dengan cara makan Anda. Secara ilmiah, makan sambil duduk pada satu tempat membuat otak tidak akan memikirkan makanan lain selain yang ada di hadapannya. Karena tubuh memberikan sinyal pada otak untuk tidak perlu mencicipi makanan lain dan fokus pada satu makanan saat sedang duduk, dan hal itu membuat Anda lebih sedikit memasukkan kalori dalam tubuh.

2.“HeartBurn” dan Kanker Saluran Esofagus
 Mulai dari naiknya asam lambung ke esofagus (reflux asam lambung) terutama jika menyantap masakan pedas yang menyebabkan rasa terbakar di dada “heartburn” mengiritasi sel-sel kerongkongan, karena pH asam lambung sangat asam (pH 1 – 2,5) jika terjadi berulang kali akan berakibat penyakit kanker saluran esofagus.

3.Disfungsi Pencernaan sampai Batu Ginjal                     
Partikel makanan yang tidak dicerna dengan sempurna akan melukai dinding lambung sekaligus tertahan di usus juga melewati dinding usus dengan baik karena makanan yang disantap mengalir terlalu cepat membuat gangguan pencernaan perut kembung dan rasa tidak nyaman. Jika kebiasaan ini sering dilakukan dalam waktu lama akan menyebabkan usus melonggar dan bergeser , yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Cairan yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka dan menutup (sehingga air kemih bisa lewat).
Setiap air yang anda minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Jika minum sambil berdiri, air yang anda minum langsung menuju kandung kemih, sehingga menyebabkan pengendapan di saluran ureter. Karena banyak partikel limbah yang tersisa di ureter. Hal inilah yang menyebabkan penyakit batu ginjal.

4.Pingsan atau Meninggal akibat Serangan Jantung
Menyantap hidangan sambil berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, menyebabkan serangan mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau meninggal mendadak.

5.Nyeri Sendi dan Mengganggu Paru-paru
Ketidakseimbangan cairan di tubuh akibat minum sambil berdiri membuat penumpukan cairan pada area sendi dan berakibat nyeri sendi juga tekanan air yang terlalu besar pada saluran batang tenggorokan dan pipa makanan mengganggu paru-paru.