Perbedaan Buah Lemon dan Jeruk Nipis , Serta Manfaatnya

0
24

Buah lemon dan jeruk nipis keduanya sama-sama termasuk buah citrus dengan cita rasa khas yaitu asam yang segar. Mari kita bahas perbedaan keduanya dibawah ini :

manfaat Buah Lemon dan Jeruk Nipis

Karakteristik bentuk 
Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya terletak pada diameter ukuran masing-masing buah. Buah lemon memiliki ukuran yang lebih besar dengan bentuk yang  oval  dibandingkan buah jeruk nipis yang memiliki ukuran lebih mungil juga bentuknya yang bulat.

Rasa Asam dan Kadar Gula
Jeruk nipis juga memiliki cita rasa yang lebih pahit, dan lemon mengandung sedikit rasa manis . Buah lemon memiliki rasa asam dengan kadar gula sebesar 2% lebih tinggi dibandingkan jeruk nipis yang mengandung gula antara 0,5% sampai 0,75%.

Kandungan Nutrisi
Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda hanya jumlah kadarnya tidak sama.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin A, karbohidrat, zat besi dan protein yang lebih tinggi dibandingkan Buah lemon. Sedangkan Buah Lemon memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari Jeruk Nipis.

Manfaat antara Lemon dan Jeruk Nipis

1.Daya Tahan Tubuh penangkal Radikal Bebas.
Vitamin C sangat penting berperan membentuk sistem kekebalan tubuh penangkal radikal bebas yang baik. Lantas, Jeruk lemon dan jeruk nipis adalah pilihan yang tepat sebagai sumber vitamin C.
Lemon mengandung vitamin C 33,3% (sepertiga lebih banyak) dibandingkan jeruk nipis.

2.Menyehatkan sistem pencernaan.
Asam yang terkandung baik dalam lemon dan jeruk nipis berguna untuk menghilangkan racun yang bisa mengakibatkan sembelit. Setelah mengonsumsi makanan berat tambahkan beberapa tetes pada hidangan untuk membantu pencernaan.

3.Membantu menjaga tekanan darah normal.
Kandungan kalium pada jeruk nipis bisa berperan penting mengatur irama detak jantung juga menjaga tekanan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

4.Anti kanker.
Kandungan Limonoid (limonin) yang terdapat pada buah lemon dan jeruk nipis bisa mencegah penyakit kanker seperti kanker paru-paru, payudara, lambung, usus besar sampai kulit.

Para ilmuwan menemukan senyawa limonin dalam tubuh 24 jam setelah konsumsi lemon atau jeruk nipis.

Sebagai bahan perbandingan, anti-karsinogen alami dalam bahan makanan lainnya ditemukan baru aktif hanya 4 – 6 jam, contohnya fenol dalam teh hijau.

5.Bermanfaat untuk kulit.
Flavonoid glikosida flavonol tertentu, memiliki efek antibiotik dan desinfektan. Lemon dan jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.

Di Afrika Barat, dimana tempat epidemi kolera mewabah, peneliti menambahkan air jeruk nipis ke saus yang dimakan dengan nasi dan ditemukan bila jeruk nipis memiliki efek perlindungan yang kuat terhadap kolera.

6.Perlindungan terhadap gangguan rematik.
Lemon dan jeruk nipis kaya dengan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid, dapat memberikan perlindungan terhadap gangguan rheumatoid arthritis (rematik).

Menurut penelitian Annals of the Rheumatic Diseases, orang yang mengonsumsi makanan yang rendah kandungan vitamin C  kemungkinan menderita rematik daripada mereka yang mengonsumsi vitamin C dengan jumlah yang tinggi.