Pentingnya Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Khususnya Bagi Wanita

0
19

Beberapa orang memandang jika aspek yang mempengaruhi tidak cepatnya pasangan diberikan keturunan hanya dari pihak wanita. Perihal ini tidak seutuhnya benar tentunya. Sebab peranan kesehatan reproduksi pada wanita serta pria mempunyai peranan yang sama, serta saling sama-sama menentukan.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Baik pria ataupun wanita, keadaan kesehatan reproduksi benar-benar perlu dijaga. Terlebih dengan pola hidup serta kegiatan sehari-harinya yang condong tidak baik serta kurang sehat bisa mempengaruhi atau mengganggu tingkat kesuburan. Beberapa rutinitas baik, seperti mengontrol berat tubuh yang baik, berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, hindari paparan racun serta lingkungan yang beresiko, menjaga diri, dan mengawasi hubungan seksual dengan teratur akan menghindari Anda dari masalah kesehatan reproduksi.

Minimnya edukasi pada perihal yang terkait dengan reproduksi kenyataannya dapat menyebabkan terjadinya beberapa hal yang tidak diharapkan. Salah satunya perihal yang kerap terjadi lantaran minimnya sosialiasi serta edukasi ialah penyakit seksual menular, kehamilan di umur yang masih muda, sampai aborsi yang menyebabkan hilangnya nyawa remaja.

Kenyataannya peranan orang-tua adalah satu persoalan yang penting dalam edukasi seksual pada remaja. Ditambah lagi sekarang ini masih tetap sedikit orang yang perduli pada risiko-risiko yang dapat menyerang remaja “salah pergaulan” itu. Dari mulai ancaman HIV/AIDS, angka kematian ibu yang bertambah sebab melahirkan di umur muda, sampai kematian remaja wanita sebab nekat ambil aksi aborsi.

Berikut Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Bagi Pria

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Bagi Pria


Sunat mempunyai kegunaan yang begitu baik
Dalam riset yang dilaksanakan, sudah mendapatkan bukti jika ada 42 type bakteri yang ada di penis yang rawan berkembang biak. Terutamanya di bagian lipatan penis yang tidak disunat.

Mengontrol testis pada suhu yang sejuk 
Suhu testis menjadi penentu banyaknya produksi sprema yang dibuat. Keadaan testis yang baik ada di suhu 34.5 derajat celcius. Untuk menstabilkan atau menurunkan suhu testikel dalam kondisi normal bisa dilakukan dengan cara-cara seperti mandi atau berendam di air hangat, jauhi duduk diam dalam keadaan kelamaan, dan gunakan baju dalam dengan bahan yang nyaman serta longgar.

Tidak mengonsumsi minuman mengandung alkohol serta merokok 
Untuk pria yang mempunyai kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman alkohol baiknya kurangi jumlahnya serta intensitasnya. Sebab mengkonsumsi alkohol serta rokok yang berlebihan bisa menurunkan kualitas, bahkan juga mengakibatkan kerusakan sperma.

Penis yang sehat 
Ukuran penis yang sehat bisa diketahui lewat ereksi yang teratur atau tidak, Saat mengalami ereksi,saat oksigen dalam darah sudah memenuhi penis dan membuat tegang. Ereksi yang teratur akan berlangsung saat berhubungan seksual dengan teratur, dan berlangsung waktu tidur, yang disebut hal normal sebab sudah terpogram oleh isyarat dari otak. Demikian sebaliknya bila pria tidak mengalami ereksi dengan teratur, membuatnya cenderung tidak elastis serta menyusut sampai 1-2 cm.

Cara Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi Wanita

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita


Membersihkan Sisi Luar Vagina Sesudah Buang Air 
Hal yang sangat simpel untuk mengawasi kebersihan alat reproduksi ialah tetap bersihkan area vagina luar sesudah buang air kecil atau buang air besar. pakailah air untuk membersihkan area itu supaya kuman-kuman yang datang dari kotoran atau air kencing tidak masuk ke area alat reproduksi.

Sering Sering Lah Mengganti Pembalut Dikala Haid 
Darah adalah wadah yang sangat efektif untuk tempat perkembangan kuman. Sebab itu kita disaat haid agar Anda tetap mengganti pembalut sekurang-kurangnya 4 jam sekali. Cara itu menahan perkembangan kuman pada pembalut yang sudah terkena darah haid sehingga kuman tidak masuk ke area reproduksi.

Jauhi Memakai Sabun pada Alat Kelamin 
Alat reproduksi wanita sudah didesain demikian rupa dalam keadaan lembab. Bila Anda mempunyai kebiasaan membersihkan alat kelamin memakai sabun maka mulai saat ini hentikan rutinitas itu. Membersihkan alat kemaluan memakai sabun akan mengakibatkan kulit kering serta mengalami iritasi lalu muncullah reaksi gatal-gatal. Bahkan juga kandungan pewangi, buih, dan beberapa bahan kimia dalam sabun dapat mengakibatkan masalah sistem reproduksi.

Hindari Douching 
Douching atau rutinitas masukkan jari supaya terjadi proses ejakulasi dapat mengakibatkan iritasi kulit. Perlakuan itu dapat juga mengakibatkan keadaan alat reproduksi jadi tidak sehat karena bisa jadi jari tidak dalam kondisi bersih.

Membersihkan Alat Kelamin Sebelum serta Setelah Berhubungan Intim 
Untuk anda pasangan suami istri, Anda mesti mulai membiasakan diri untuk membersihkan alat kelamin Anda sebelum dan setelah lakukan hubungan intim. Pakai air untuk menjamin kebersihan kala melakukan hubungan intim dengan optimal. Bila bisa, upayakan untuk buang air kecil 1/2 jam sebelum lakukan hubungan intim untuk mengurangi kemungkinan infeksi pada kandung kemih.

Ganti Celana Dalam Setiap Hari 
Untuk menjaga kebersihan organ reproduksi dan menahan kemungkinan perkembangan kuman, Anda mesti berganti celana dalam sedikitnya 2 kali satu hari. Intensitas ganti celana dalam juga harus lebih sering bila Anda mengalami keputihan. Semakin lebih baik bila Anda menggunakan panty liner untuk menghambat cairan keputihan melekat pada celana dalam sehingga membuat perasaan tidak nyaman.

Jagalah Kebersihan Alat Cukur 
Bila Anda mempunyai rutinitas mencukur rambut pada kemaluan, pastikan pencukur yang Anda pakai benar-benar bersih. Pemakaian alat cukur yang tidak higienis dapat mengakibatkan infeksi bahkan juga pada beberapa perkara dapat mengakibatkan bisul. 
Bedakan Tanda-tanda Keputihan 
Keputihan dapat jadi satu keadaan yang biasa saja pada wanita. Akan tetapi pada beberapa masalah, keputihan dapat juga mengisyaratkan terdapatnya penyakit pada alat reproduksi. Menjadi wanita, Anda mesti memperkaya pengetahuan. Bedakan antara keputihan normal dengan keputihan yang mengisyaratkan gejala penyakit tertentu. Bila keputihan memperlihatkan intensitas yang berlebih, berwarna kekuningan, kehijauan, atau berdarah baiknya Anda segera memeriksakan diri dengan cara medis. 
Janganlah Merokok 
Merokok ternyata bukan sekedar mengakibatkan masalah pernafasan serta penyakit jantung saja. Merokok nyatanya dapat juga menyebabkan rusaknya alat reproduksi wanita. Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan rusaknya pada bagian ovarium. Padahal ovarium itu begitu penting untuk proses pembuahan sel telur. Jadi janganlah bingung bila beberapa wanita yang kesuburannya terganggu karena mempunyai kebiasaan merokok. Ovarium yang rusak kemungkinan akan menyebabkan kegagalan dalam proses pembuahan. 
Pola Hidup Sehat 
Untuk menjaga kesehatan alat reproduksi wanita, Anda harus juga menerapkan gaya hidup sehat dengan mengontrol pola makan, mengatur berat tubuh, dan melakukan diet sehat. Jagalah berat tubuh usahakan berada dalam kondisi baik. Badan dengan berat tubuh berlebihan umumnya akan mempunyai permasalahan dalam siklus menstruasi. Selain itu, badan yang sangat kurus dapat mengakibatkan produksi hormon estrogen terhalang. 
Melakukan Pengecekan Rutin pada alat Reporduksi
Umumnya wanita merasa malu serta risih bila mesti memeriksakan alat reproduksi mereka ke dokter. Jadi tidaklah mengherankan, banyak perkara keterlambatan diagnosis terhadap penyakit pada reproduksi lantaran beberapa wanita malas memeriksakan kesehatan alat reproduksi mereka. Tidak hanya mengerjakan pengecekan teratur, Anda pun butuh memperhatikan siklus menstruasi Anda. Bila waktu menstruasi Anda berlangsung dalam siklus yang tidak menentu dan dalam kurun waktu yang lama jadi segera melakukan kontrol medis. 
Melakukan Hubungan Seksual yang Aman 
Beberapa macam penyakit menular, diantaranya penyakit seksual dapat mengakibatkan efek tidak baik seperti hilangnya kesuburan sebab anatomi reproduksi mengalami kerusakan. Karena itu, yakinkan supaya Anda tetap melakukan hubungan seks yang aman. Sebagian besar penyakit pada organ reproduksi tidak memperlihatkan tanda-tanda awal yang kelihatan secara langsung. Keadaan tersebut memungkinkan bakteri atau virus menyebabkan kerusakan organ reproduksi Anda sebelum Anda mengetahuinya. 
Demikian langkah mengawasi kesehatan alat reproduksi yang perlu dikerjakan. Dapat dikatakan, kelangsungan hidup umat manusia begitu tergantung pada organ reproduksinya. Karenanya, pahamilah bagaimana pentingnya mengawasi serta menjaga organ reproduksi itu dengan benar dan baik dan sehat.

Sumber referensi Artikel :
https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-reproduksi/cara-menjaga-kesehatan-alat-reproduksi-wanita
https://doktersehat.com/pentingnya-menjaga-kesehatan-reproduksi-pria-dan-wanita-demi-mendapatkan-keturunan/
https://www.halodoc.com/pentingnya-pengetahuan-kesehatan-reproduksi-bagi-remaja