Mengobati Maag Dengan Jeruk Nipis Atau Lemon Apakah Bisa ?

0
20

Gastritis nama lainnya adalah penyakit maag, adalah penyakit yang berkaitan dengan peradangan pada lambung.

Mengobati Maag Dengan Jeruk Nipis Atau Lemon Apakah Bisa ?

Biasanya dokter akan menyarankan anda untuk menjaga pola makan yang seimbang serta lebih selektif mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu. Salah satu yang harus dijauhi adalah jenis makanan atau minuman dengan rasa asam, tapi benarkah seperti itu ? Dan mengapa ? Bagaimana cara mengatasinya? Mari, simak faktanya di bawah ini.

Apa yang terjadi pada lambung penderita Maag?
Terjadi peradangan atau pembengkakan pada dinding mukosa lambung. Inilah yang menyebabkan lambung mengalami rasa perih dan sakit. Ada 2 gastritis, Gastritis akut dan gastritis kronis.
Keduanya hanya berbeda pada durasi waktu ketika gastritis kambuh. Jika singkat berarti anda terkena akut tapi jika lama dan berulang berarti kronis.

Kandungan asam askorbat dan sifat basa pada lemon dan jeruk nipis
Asam askorbat adalah senyawa kimia dengan nama lain yaitu vitamin C. Berbeda dengan asam sitrat, bahan aditif yang banyak ditemui pada produk makanan dan minuman olahan, asam askorbat adalah asam alamiah yang terkandung di buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan kiwi.

Lantas, apakah ini berarti air lemon bisa mengatasi maag? 
Menurut jurnal ilmiah Digestive Diseases and Sciences, vitamin C dalam lemon sangat penting bagi lambung karena kemampuannya menyembuhkan luka akibat peradangan.
Sehingga jawabannya adalah Kurang tepat. Karena yang berkhasiat untuk mengatasi maag sebenarnya adalah vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan asamnya sendiri belum terbukti bisa jadi solusi penyakit maag.

Kenapa minum air lemon bisa memperparah gejala maag?
Seorang dosen farmasi di University of Adelaide Musgrave, mengatakan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air lemon dapat mengurangi gejala maag. Justru, kandungan asam pada lemon dapat memperparah refluks asam lambung.

Banyak faktor penyebab gangguan pencernaan, mulai dari refluks asam lambung (GERD), iritasi lambung, atau batu empedu. Hampir semuanya disebabkan dari naiknya asam lambung.Lemon memiliki pH 3 artinya bersifat sangat asam, air memiliki pH 7 alias netral. Ketika meminum air lemon, artinya anda menambah kadar asam ke lambung.

Semakin tinggi kadar asam pada lambung, justru membuat asam lambung jadi semakin cepat naik. Dapat menyebabkan mengikis lapisan lambung yang sudah tipis dan memperparah iritasi.

Bagaimana dengan air jeruk nipis?
Department of Physiology Sao Paulo State University, Brasil, Moraes TM menemukan bahwa sari jeruk nipis memiliki kandungan zat yang merangsang kelenjar di permukaan dinding lambung untuk menghasilkan lendir. Lendir itu membuat perlindungan dinding lambung dari rusaknya disebabkan gesekan.

Zat linalol serta linalil asetat yang terkandung dalam jeruk nipis berperan sebagai anti oksidan  untuk perlindungan jaringan tubuh yang rusak.