Mengenal Pulex irritans Drakula Mini pada Rambut Manusia

0
22

Apa itu (Pulex irritans) Kutu Rambut ?

Kutu kepala (Pulex irritans) di Indonesia ia dikenal sebagai kutu rambut atau tumo di Bahasa Jawa. Kutu rambut memiliki ukuran beragam, mulai dari sebesar kepala peniti hingga biji wijen.
Kutu rambut mengalami siklus hidup dengan usia sangat singkat, hanya 3-4 minggu saja, dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu fase telur, fase dewasa dan fase dewasa bereproduksi.
Telur kutu (nit), dengan ciri titik kekuningan, cokelat, atau cokelat kecil sebelum menetas berukuran antara 1 – 2 mm.

Mayoritas telur kutu rambut ditempelkan bagian bawah dekat akar rambut. Kemampuan kutu rambut betina dalam bertelur sekitar 1 – 2 hari setelah terjadi pembuahan oleh sang jantan. Dalam sehari, kutu rambut betina mampu bertelur 2 – 5 kali dan dengan totalnya sekitar 70 telur dalam seminggu.
Kemudian, telur kutu menetas menjadi koloni kutu-kutu bayi (nimfa). Telur kutu menetas rentang waktu 7-14 hari. Setelah menetas, sisa cangkangnya terlihat putih atau transparan, dan akan tetap melekat kuat pada batang rambut. Bayi-bayi kutu ini akan menjadi dewasa dalam waktu tujuh hari setelah menetas.

Kutu dewasa bisa hidup sampai 1 bulan di atas kepala. Kutu dewasa berukuran seperti biji wijen, memiliki enam kaki, dan berwarna abu-abu keabu-abuan. Pada orang dengan rambut hitam, kutu dewasa terlihat lebih gelap. Untuk hidup, kutu dewasa perlu “minum” darah beberapa kali sehari. Tanpa darah atau jika terjatuh dari kulit kepala, kutu akan mati dalam rentang waktu 1 – 2 hari.

Darimana Kutu Rambut Berasal?

Kutu rambut mewabah dan menyebar ketika musim semi dan panas. Ketika suhu sekitar menghangat atau panas, maka itulah saat yang tepat kutu rambut melakukan ekspansi dan bereproduksi. Dengan suhu yang disukai sekitar 32 derajat Celcius.

Dilansir Health24.com oleh Dr Hannah Chow-Johnson, asisten profesor pediatri di Sekolah Kedokteran Universitas Loyola Chicago Stritch  “Jangan merasa malu kalau memiliki kutu. Kutu-kutu kepala lebih tertarik pada rambut yang bersih dan mengkilap, sehingga asumsi bahwa hanya orang-orang kotor yang memiliki kutu adalah salah”.

Kutu rambut tidak selalu berkaitan dengan faktor sanitasi, strata ekonomi dan higienis.

Dimana Kutu Rambut Paling Banyak Ditemukan?

Telur kutu terdapat di rambut yang dekat dengan kulit kepala. Kutu paling sering berjalan-jalan khususnya belakang telinga dekat garis leher pada bagian belakang leher. Kutu jarang ditemukan pada tubuh, bulu mata, atau alis.

Bagaimana Cara Kutu Rambut Menyebar dan Menular?

Parasit mungil ini memiliki cakar ala kepiting yang disesuaikan secara khusus sehingga mereka mampu merangkak dan menempel erat pada rambut.

Meskipun tidak bisa melompat atau terbang, kutu biasanya menyebar melalui 2 cara kontak langsung dan kontak tak langsung yang memungkinkan mereka berpindah dari rambut yang lama ke rambut yang baru.

Kontak langsung. Penularan ini terjadi saat rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat. Misalnya, lewat kontak badan, tidur di ranjang yang sama. Kutu rambut juga dapat menyebar ketika pembawa kutu berbagi topi, pakaian, atau sisir.

Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda terkontaminasi kutu atau telur kutu yang dipakai bersama. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, atau baju. Walaupun penularan dengan cara ini sangat jarang terjadi.
Anak-anak terutama sangat rentan terhadap kutu karena mereka cenderung memiliki kontak fisik yang erat satu sama lain.

Perbedaan kutu dengan ketombe di rambut

Kutu rambut sering disamakan dengan ketombe. Padahal, keduanya berbeda. Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat pada bahu Anda. Ketombe mudah sekali jatuh, sedangkan kutu kepala melekat erat pada batang rambut.

Referensi
hellosehat.com – 5 Fakta Unik Soal Kutu Rambut
detikHealth – Kutu Kepala Suka Rambut yang Bersih
Wikipedia
Liputan6.com
Merdeka.com – 8 Hal yang tidak kamu ketahui tentang kutu rambut