Mencintai dan Dicintai Bisa Membuat Jantung Anda Sehat Loh !!

0
39
Efek Positif Jatuh Cinta - brosehat.com
Mencintai dan Dicintai Bisa Membuat Jantung Anda Sehat Loh !!

Cinta sebuah reaksi kimia yang membuat otak menjadi senang dan ketagihan”

Siapa yang tidak pernah jatuh cinta ? Semua orang pasti pernah mengalaminya bukan? Apakah anda termasuk salah satunya?
Kali ini mari kita membahas satu persatu apas saja efek positif jatuh cinta dengan kesehatan jantung.

1.Jatuh Cinta Meningkatkan Kadar Dopamin sehingga Membuat Anda Bahagia
Sebenarnya didalam otak terdapat senyawa kimia yang bernama dopamin dan tentu saja si dopamin inilah yang menyebakan perasaan senang (euforia) . Menurut studi ilmiah The Journal of Comperative Neourology pada tahun 2005, menguji coba memindai 2500 otak dari 17 pasangan kekasih hasilnya, ketika ditujukkan foto pasangannya efeknya dopamin langsung aktif.

2.Mengurangi Rasa Sakit
Ungkapan “waktu yang menyembuhkan segalanya” mungkin juga bisa berganti menjadi “cinta menyembuhkan segalanya”. Tidak percaya ini penjelasannya.
Selain hormon dopamin ada juga hormon lain yang aktif diotak manusia yang sedang diliputi perasaan cinta yakni hormon serotonin dan oksitosin yang menyebabkan tubuh lebih relax serta stress dan cemas berkurang.
Berdasarkan studi Stanford University of Medicine menjalani hubungan berdasarkan rasa cinta bisa menjadi obat untuk mengurangi rasa sakit untuk pengidap penyakit kronis.

3.Kualitas Kehatan Jantung yg Lebih Baik
Dikutip dari Scripps, Ahli jantung Christoper Suhar, MD berpendapat” suatu teori mengapa  cinta baik untuk kesehatan anda adalah tekanan darah merespon ketenangan dan kedamaian “.

Hasil analisis National Longitudinal Mortality study juga menyatakan dari 280 ribu pria dan wanita yang menikah memiliki resiko lebih kecil untuk mengalami masalah kardiovaskular daripada lajang.
Dukungan sosial seperti perhatian dan kasih sayang antar pasangan meningkatkan sistem kekebalan (imun) sehingga menurunkan resiko peradangan yang menggangu kesehatan jantung. Sebab orang punya kecenderungan mendengarkan pasangan untuk selalu hidup sehat seperti berhenti merokok, meminum obat atau terapi juga menerapkan gaya hidup sehat.

Pendapat ahli jantung dr. Sandeep Jauhar “kita tahu depresi cenderung menyebabkan lebih banyak peradangan pembuluh darah. Saat rileks, pembuluh darah cenderung sedikit melebar dan tekanan darah cenderung turun.

Jika anda belum memiliki romansa dalam hidup anda, jangan putus asa. Ilmu pengetahuan percaya bahan kimia “kasih dan cinta” akan dilepaskan ketika anda merasakan kasih dan cinta pada semua hal.