Manfaat Kulit Mangga

0
17

Siapa yang tak mengenali buah mangga? Semua orang pasti mengetahui buah dengan cita rasa asam mirip buah persik bahkan dijuluki sebagai raja buah oleh Abdul di film Abdul & Victoria.

Kali ini tentunya saya tidak membahas tentang filmnya tapi hanya tentang buahnya. Jika buahnya mengandung banyak gizi, apakah kulit mangga berbahaya?

Manfaat Kulit Mangga

1.Kandungan vitamin yang terkandung di dalam kulit mangga
Kulit mangga sangat rendah gula dan karbohidrat tapi mengandung kadar vitamin A, vitamin C, serat, antioksidan dan fitonutrien.

2.Kenapa kulit mangga bisa berbahaya dikonsumsi ?
Kulit mangga berbahaya untuk sebagian orang yang memiliki tingkat kesensitifan tinggi terhadap suatu alergi.

Abby, Langer, R.D, seorang ahli gizi dari Kanada, tidak pernah mendengar orang makan mangga beserta kulitnya serta tidak pernah menyarankannya.
“Ada beberapa jenis buah yang beberapa komponennya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, kulit buah mangga mengandung bahan kimia bernama urushiol”.
Tetapi anda juga tetap harus waspada dengan kualitas semua buah dan sayuran dikonsumsi, apalagi produk impor.

Menurut Health Line mangga yang ditanam bukan secara organik cenderung terkontaminasi pestisida. Kandungan pestisida biasanya  menempel pada kulitnya. Sehingga, jika saat mengupas mangga tidak terlalu bersih, ditakutkan kandungan pestisidanya masih ada dan membahayakan kesehatan.

Berdasarkan Food and Drugs Administration (FDA), yang mengatur standardisasi makanan serta obat-obatan, pelapisan lilin pada buah-buahan yang akan diimpor sudah diizinkan (legal) dan sah. Bertujuan menjaga kualitas sekaligus tampilan buah tetap kelihatan baik dan tahan goresan.
Pakar diabetes Vandana R. Sheth, RDN, mengatakan bahwa urushiol mengandung getah berminyak yang bisa berakibat reaksi alergi pada beberapa individu.

Reaksinya adalah kulit terasa gatal, panas hingga menimbulkan ruam. Namun tak berarti ketika anda tak sengaja termakan lapisan tipis kulit mangga, langsung mengalami reaksi alergi.
Dikarenakan hal tersebut, hanya sebagian individu terlahir dengan kondisi kulit yang lebih sensitif pada urushiol.

Apa kegunaan urushiol pada tanaman mangga dan cara mendeteksinya ?
Urushiol adalah kandungan yang terdapat pada getah tumbuhan sebagai pestisida alami dari serangan serangga, hama dan sebagainya. Kandungan urushiol pada mangga lebih banyak terdapat di getah dan batangnya.

Pilihlah buah mangga yang matang adalah cara mencegah alergi. Jika anda masih bingung alergi atau tidak terhadap kandungan urushiol yang terdapat di kulit mangga.

Coba pegang arau Tempelkan buah mangga pada kulit tubuh kita, jika tidak ada reaksi alergi artinya anda aman dan tidak alergi terhadap kandungan urushiol kulit mangga tersebut.

Bagaimana cara konsumsinya, jika tertarik ingin mecoba kulit mangga?
seperti mencampurkannya ke dalam jus buah yang sehat atau mengeringkannya menjadi keripik buah. Tentu saja cara ini lebih masuk akal dibanding mengkonsumsi langsung kulit mangga yang terasa pahit.

Sangat dianjurkan selalu mencuci mangga secara menyeluruh sebelum memakan kulitnya, karena buah ini bisa saja mengandung pestisida dan bahan kimia karena proses pengiriman.