Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

0
28

Apa Itu Ketumbar

Ketumbar (Coriandrum sativum) ialah tumbuhan rempah-rempah yang sudah tidak asing bagi kita orang orang indonesia. Buahnya yang kecil dikeringkan serta diperjualbelikan, baik digerus ataupun tidak. Bentuk yang tidak digerus serupa dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat dia diberi nama fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris diketahui menjadi coriander serta di Amerika Latin diketahui menjadi cilantro. Tumbuhan ini datang dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

manfaat ketumbar untuk kesehatan

Beragam type masakan tradisional Indonesia sering memakai bumbu berbentuk biji berwujud butiran beraroma keras yang diberi nama ketumbar. Dengan penambahan bumbu itu, aroma masakan semakin lebih nyata.

Tidak cuma bijinya saja yang seringkali dipakai dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu seringkali di iris tipis serta dijadikan taburan dalam masakan seperti sup serta salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar dinamakan phak chee. Sama juga dengan bijinya, daun ketumbar pun beraroma tajam.

Umumnya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah serta pegunungan. Seperti halnya seledri, tumbuhan ini hanya menggapai ketinggian satu meter dari tanah.

Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. Dan, untuk bunga mejemuknya berupa payung bersusun berwarna putih serta merah muda. Untuk buah, mempunyai bentuk hampir bundar berwarna kuning bersusun, Jika masak, buahnya gampang dirontokkan. Sesudah itu, buahnya dikeringkan.

Disana, biji yang dikeringkan. Di sebagian daerah, ketumbar seringkali diberikan nama yang berlainan.

Manfaat Umum Ketumbar 

Kegunaan dari tumbuhan ini banyak dirasakan di banyak negara. Ketumbar umumnya dimanfaatkan sebagai pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), serta penambah nafsu makan (stomachica). Namanya berlainan di beberapa negara juga di berbagai daerah di Indonesia.

Kegunaan yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, serta buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berbentuk sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, serta felandren.

Khasiatnya tidak hanya pelancar pencernaan saja. Ketumbar pun bermanfaat untuk menurunkan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung serta radang payudara, campak, masuk angin, desakan darah tinggi, serta lemah syahwat.

Sepuluh Manfaat Ketumbar

1. Menangani masalah pencernaan
Manfaat ketumbar yang pertama ialah untuk menangani masalah pencernaan. Perawatan teratur memanfaatkan ketumbar bisa menanggulangi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar juga dapat menanggulangi permasalahan pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, serta cacingan. Kandungan antioksidan yang ada pada biji ketumbar diyakini bisa mendukung pergerakan usus serta membantu produksi enzim pencernaan.

2. Mengawasi kesehatan gigi serta mulut
Kegunaan ketumbar yang ke dua ialah bisa menjaga kesehatan gigi serta mulut. Ketumbar mempunyai karakter anagetik sehingga bisa membantu menurunkan sakit gigi. Diluar itu, ketumbar pun mempunyai sifat antibakteri sehingga baik untuk mengontrol kesehatan gigi serta mulut, lantaran salah satunya penyebab khusus permasalahan gigi serta mulut ialah bakteri.

3. Menangani infeksi jamur serta bakteri
Tidak hanya bisa menangani infeksi bakter, kegunaan ketumbar yang lain ialah bisa menangani infeksi karena jamur. Fungsi ini membuat ketumbar banyak digunakan untuk menanggulangi beberapa penyakit karena jamur serta bakteri, termasuk konjungtivitis serta infeksi kulit karena bakteri serta jamur.

4. Baik untuk pasien diabetes
Manfaat ketumbar selanjutnya adalah baik untuk pasien diabetes. Rempah yang mempunyai kandungan serat tinggi ini nyatanya bisa bekerja turunkan kandungan gula dalam darah hingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderitas diabetes. Walau demikian, sangat direkomendasikan untuk pasien diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya dengan teratur untuk tahu efektivitas pemakaian ketumbar ini.

5. Menangani wasir
Manfaat ketumbar yang lain ialah untuk menangani wasir. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketumbar ampuh untuk menangani sembelit atau konstipasi, yang disebut salah satunya pemicu dari wasir. Tidak hanya memperlancar buang air besar, sifat analgesik dari ketumbar pun mungkin bisa menurunkan ngilu karena wasir.

6. Menurunkan kandungan kolesterol jahat
Ketumbar pun bermanfaat untuk menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam darah. Masalah ini lah yang membuat timbulnya pernyataan mengenai kegunaan rebusan ketumbar untuk jantung. Kolesterol jahat dalam dalam darah bisa membantu plak yang nanti akan menghalangi peredaran darah serta mengganggu peranan jantung.

7. Meringankan ngilu sendi
Meringankan ngilu sendi pun diklaim menjadi salah satunya manfaat ketumbar. Fungsi satu ini masih tetap berhubungan dengan karakter analgesik serta kandungan asam linoleat dari ketumbar. Tidak hanya meringankan ngilu sendi, ketumbar pun dipercara bisa membantu sakit karena hernia. Akan tetapi manfaat ini kemungkinan sekedar hanya untuk meringankan gejala saja, bukan untuk menangani penyabab pokok penyakitnya.

8. Mengatasi batuk serta pilek
Ketumbar dapat juga jadi salah satu pilihan untuk menangani batuk serta pilek. Kegunaan ketumbar satu ini diperoleh dari kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C adalah anti-oksidan alami yang begitu baik untuk menaikkan imunitas badan. Hal ini lah yang membuat ketumbar diakui bisa percepat pengobatan batuk serta pilek.

9. Menjaga kesehatan kulit
Ketumbar pun diyakini mempunyai kemampuan untuk mengontrol kesehatan kulit. Antibakteri dalam ketumbar bisa untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, ketumbar pun diakui bisa menanggulangi kulit yang berminyak, meremajakan kulit, sampai membuat cerah kulit. Ketumbar pun tentu saja bisa menjauhkan kulit dari iritasi serta infeksi.

10. Manfaat ketumbar untuk membuat rambut lebih lebat
Selanjutnya ada pun kegunaan ketumbar untuk melebatkan rambut. Ketumbar bisa menolong memperkuat akar rambut serta merangsang perkembangan rambut. Jadi tidak hanya mencoba kemiri yang seringkali dijagokan menjadi rempah yang baik untuk rambut, saat ini Anda dapat juga mencoba ketumbar serta melihat sendiri dampaknya pada rambut Anda.

Cara Memanfaatkan Ketumbar

Langkah memakai ketumbar menjadi obat herbal yaitu dengan metode minum air rebusannya. Langkah yang lain yaitu dengan metode menambahkan ketumbar dengan jumlahnya yang lebih banyak ke masakan.

Mengkonsumsi ketumbar mesti dalam jumlah wajar serta tidak terlalu berlebih. Bila ingin betul-betul memakainya sebagi obat herbal, baiknya tanyakan dahulu sebelumnya dengan dokter serta pakar yang lebih mengerti tentang obat herbal.

Sampai riset selanjutnya ada, ketumbar (yang dipakai untuk pengobatan) tidak bisa dipakai selama kehamilan serta menyusui. Herbal ini tidak bisa diberikan pada anak-anak. Diluar itu, tanaman herbal ini pula tidak bisa dipakai oleh orang dengan hipersensitivitas terhadap ramuan ini.

referensi artikel
https://doktersehat.com/manfaat-ketumbar/
https://hellosehat.com/herbal/ketumbar/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ketumbar