Manfaat Buah Mangga Muda dan Mangga Masak Bagi Kesehatan

0
20

Mangga (Mangifera indica L.) merupakan salah satu tanaman buah daerah tropis yang dipercaya berasal dari perbatasan India dan Burma. Diperkirakan semenjak 1500 tahun yang lalu mangga tersebar ke Asia Tenggara. Buah mangga termasuk marga Mangifera dan suku Anacardiaceae.
Buah mangga  ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau pencit.

Manfaat Buah Mangga

Kandungan Nutrisi Mangga Muda vs Mangga Matang

Dalam sebuah mangga muda ternyata memiliki kandungan vitamin C yang setara dengan yang terkandung pada 35 buah apel.

Mangga muda memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi akan tetapi kandungan vitamin A-nya lebih rendah jika dibandingkan mangga matang.

Kandungan Nutrisi Mangga Muda dan Mangga Masak (per 100 gram mangga muda dan mangga masak)

Kandungan
Jumlah Mangga Muda 
Jumlah Mangga Matang
Kalori
59 kkal
65 kkal
Protein
0.5 gr
0.51 gr
Karbohidrat
15.1 gr
17 gr
Lemak
0.4 gr
0.27 gr
Kalsium
12 mg
10 mg
Fosfor
11 mg
11 mg
Zat besi
0 mg
0.13 mg
Vitamin A
85 IU
765 IU
Vitamin B1
0.06 mg
0.058 mg
Vitamin C
65 mg
27.7 mg

Manfaat Mangga Muda vs Mangga Matang

Mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit – mangga muda & mangga matang
Kandungan alkali (pH basa) pada mangga muda seperti asam tartarat, asam malat dan asam sitrat  yang cukup tinggi  dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan dan sembelit (konstipasi).

Mengatasi anemia dan baik untuk kehamilan – mangga muda & mangga matang
Vitamin B6 pada mangga muda bermanfaat untuk mengurangi rasa mual. Konsumsi mangga muda dapat membantu mengurangi mual bagi ibu hamil saat morning sickness.

Mangga yang telah masak pun baik untuk ibu hamil yang membutuhkan banyak zat besi, vitamin C, B6, potasium, dan asam folat.

Mangga juga menyediakan banyak kalori yang diperlukan di trisemester pertama kehamilan. Selektif dalam memilih buah mangga, pilihlah mangga yang masak secara alami, bukan karena bahan kimia yang membahayakan untuk ibu hamil dan janin.

Meningkatkan fungsi otak – mangga muda & mangga matang
Vitamin B6 pada mangga berguna untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Asam glutamin dalam mangga bermanfaat meningkatkan konsentrasi dan menguatkan daya ingat.

Meningkatkan daya tahan tubuh dari racun –mangga muda &  mangga matang
Vitamin A diperlukan dalam mempertahankan kesehatan membran mukosa (Merupakan jaringan lunak yang berbentuk lapisan berfungsi melindungi beberapa organ tubuh seperti mulut, hidung). Mangga juga mengandung beta karoten, karotenoid kuat yang berguna melindungi tubuh dari bakteri dan racun (toxin).

Membantu menurunkan berat badan – mangga muda
Mangga muda memiliki kandungan serat alami yang memberikan perasaan kenyang lebih lama ketika dikonsumsi, serta dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Menambah berat badan – mangga matang
Mangga memiliki kalori cukup tinggi yang terkandung di dalamnya. Sekitar 100 g mangga mengandung 65 kalori yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh. Mangga juga mengandung zat tepung yang diproses menjadi gula hingga membantu menambah berat badan.

Membantu menjaga kesehatan kulit – mangga muda & mangga matang
Vitamin A dan C dalam mangga memicu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen dapat melindungi darah dan kulit, sehingga memperlambat penuaan. Mangga juga mengandung berbagai polifenol dan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Termasuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit keriput, mencerahkan kulit, menguatkan kulit, menyembuhkan jerawat.

Membantu mengontrol tekanan darah – mangga muda & mangga matang
Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB), yang mengatakan bahwa konsumsi mangga setiap hari membantu menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap normal.
Karena kandungan kalsium pada buah mangga muda dan matang, dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap normal serta membantu kontraksi otot dan kerja saraf dalam tubuh. Hal ini memungkinkan jantung dan pembuluh darah untuk dapat melakukan fungsinya secara efektif.