Manakah yang Lebih Baik Anggur Merah, Hijau atau Hitam?

0
21

Anggur (Grape)  termasuk Kingdom Plantae, Divisi Magnoliophyta, Kelas Magnoliopisda, Ordo Vitales, Family Vitaceae, Genus Vitis. L dan Spesies Vitis Vinefera dan Vitis Labrusca ini memiliki 3 macam yang dibedakan berdasarkan warna Anggur hitam (ungu), anggur merah dan anggur hijau yang berwarna pucat keputihan.

manfaat buah anggur

Tanaman anggur diperkenalkan ke Indonesia pada abad ke-17, dilakukan oleh pemerintah Hindia-Belanda.Sumber genetik asli tanaman anggur berasal dari daerah Armenia (Rusia), terletak di Laut Kaspi. Anggur dikenal dari jenis anggur liar Vitis vinifera (V. Vinifera)  yang tumbuh di sekitar pegunungan Kaukasus bagian Tenggara, kemudian menyebar ke Asia Kecil, Yunani, dan Mesir. Kemudian, dari Yunani menyebar ke daratan Eropa, Afrika, Australia, Asia, dan Amerika. Jenis anggur V. vinifera dikenal sebagai anggur Eropa atau anggur buah segar. Sementara, V. labrusca disebut anggur Amerika atau anggur bahan baku minuman (wine).

1.Anggur Hitam keunguan, Membuat Awet Muda
Anggur warna hitam keunguan kaya akan reservatrol. Apa itu reservatrol ? Zat yang berguna untuk mencegah sel-sel kulit keriput (penuaan dini).

Tidak hanya itu, zat reservatrol juga bisa menjaga tekanan darah di tubuh tetap stabil, melancarkan peredaran darah dan jantung, sekaligus menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Semakin gelap warna anggur, kandungan reservatrol di dalam anggur semakin tinggi.

2.Anggur Merah, Kaya Antioksidan
Kandungan nutrisi yang terkandung pada Anggur merah adalah vitamin B, vitamin C, protein, tembaga, anthocyanin, mangan dan kalium. Juga terdapat senyawa reservatrol yang serupa anggur hitam.

Selain reservatrol, ada kandungan antioksidan lain yaitu Quercetin. Mengonsumsi anggur merah dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan risiko alergi, serta mengendalikan gejala arthritis rheumatoid (rematik).

3.Anggur Hijau (Putih), Detoksifikasi dan Pelangsing Tubuh
Anggur hijau mengandung karbohidrat, vitamin C dan K dalam jumlah yang tinggi serta beberapa jenis mineral seperti potasium dan zat besi. Tetapi jenis antioksidan yang dimiliki anggur hijau adalah Catechins.

Manfaat Catechins yaitu mencegah pembengkakan di dalam tubuh (anti radang). Manfaat lainnya adalah membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dari tubuh dan melangsingkan tubuh. Anggur putih memiliki kandungan kalori, lemak jenuh (trans)  dan natrium yang rendah serta bebas dari kolesterol.

Warna pada anggur mulai dari hitam sampai kemerahan disebabkan adanya kandungan flavonoid antioksidan. Semakin tinggi konsentrasi flavonoid antioksidan maka warna yang dihasilkan semakin gelap.

Reservatrol dan quercetin dalam anggur memiliki manfaat kesehatan yang penting, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah gangguan jantung, dan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Reservatrol dikenal mampu membantu pengobatan penyakit Alzheimer dan juga memiliki sifat anti jamur dan anti kanker.