Makanan Makanan Yang Bisa Membuat Jerawat Muncul

0
18

Makanan favorit sahabat jerawat
Apa saja makanan favorit sahabat jerawat? . Simak artikel dibawah ini untuk mengetahuinya!.

makanan yang membuat jerawat muncul

1.Makanan manis
Gula menempel pada protein di aliran darah lalu membentuk molekul-molekul baru yang disebut produk akhir glikasi tingkat lanjut yaitu AGE (Advanced Glycation end Products).

Senyawa AGE merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kulit menjadi keriput dan tidak elastis (menggelambir). Mengonsumsi gula secara berlebihan menimbulkan efek jangka panjang seperti penuaan dini dan jaringan parut di wajah.

AGE juga menonaktifkan enzim-enzim antioksidan alami, sehingga kulit lebih rentan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Menurut British Journal of Dermatology tahun 2007, efek konsumsi gula ini meningkat di usia 35,  dan terus berlangsung dengan cepat seiring bertambahnya usia. Untuk melawan efek konsumsi gula , anda perlu mengkonsumsi produk dengan kandungan (anti aging) seperti retinoid atau retinol.
Serupa dengan gula alami, gula buatan (pemanis buatan) juga tidak lebih baik. Mayoritas individu tertentu mengkonsumsi pemanis buatan dapat menimbulkan efek yang lebih buruk.

2.Hormon Androgen
Dikutip dari laman Acne Einstein, hormon androgen membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih.

Konsumsi makanan manis secara berlebihan dapat menstimulasi produksi hormon androgen. Hormon androgen merupakan hormon yang memicu jerawat.

Hal inilah yang membuat pori-pori kulit tersumbat. Hormon androgen juga mempercepat produksi sel kulit baru yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

3.Peradangan
Kadar glukosa yang sangat tinggi dalam tubuh dapat merangsang produksi hormon insulin.
Kenaikan kadar hormon insulin didarah, memicu peningkatan jumlah sel kelenjar minyak dan kelenjar keringat area wajah dan memicu jerawat.

Dilansir dari laman Acne Einstein, makanan yang mengandung gula dapat mengakibatkan hilangnya antioksidan yang menjaga kesehatan kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit lebih rentan terserang infeksi bakteri yang juga menyebabkan peradangan.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Makan makanan dengan indeks glikemik yang rendah (di bawah 55) seperti roti gandum, nasi merah, atau keripik jagung tanpa garam.
  • Gabungkan makanan dengan indeks glikemik tinggi yang disukai ,dengan makanan indeks glikemik rendah untuk diet yang seimbang.Bagi porsi makan besar menjadi beberapa porsi makan kecil, bisa juga makan lebih sering tetapi dengan porsi yang lebih kecil

  • Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan

Menurut Dr. Frank Lipman, Integrative & Functional Medicine Physician, buah dan sayur diperkaya dengan enzim-enzim yang menyehatkan sehingga mudah dicerna, dan meningkatkan sistem pencernaan.

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit acne-prone. Mulai batasi konsumsi makanan yang mengandung gula. Jika Anda menyukai rasa manis, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti gula dengan madu yang tentunya lebih sehat dan mengandung banyak vitamin di dalamnya.

2.Makanan berminyak
Ayla Barmmer, ahli diet berasal dari Boston mengatakan, “Makanan berminyak tidak mengandung lemak sehat dan bergizi yang kita temukan pada halnya seperti alpukat, ikan, minyak zaitun extra virgin dan bahkan mentega,” katanya.

Survei yang dilakukan oleh Dermatol Pract Concept yang dipublikasi 30 April 2016 memperlihatkan bahwa 71% responden mengalami jerawat yang semakin parah setelah berlebihan atau terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng dan mengandung banyak minyak.Jerawat sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau ketidakseimbangan bakteri, sehingga makanan berminyak menyebabkan jerawat.

Asam lemak dalam makanan berminyak tersebut juga dapat meningkatkan peradangan, membuat jerawat yang sudah ada di wajah makin bertambah parah.“Efeknya tidak langsung, terjadi dari waktu ke waktu dan sebagai akibat dari pola makan,” kata Ayla Barmmer

Makanan berminyak seperti kentang goreng, keripik, dan gorengan, dapat membuat kelenjar minyak di kulit memproduksi lebih banyak minyak. Anda tidak harus menyingkirkan makanan penyebab jerawat ini, hanya saja perlu membatasi makan makanan penyebab jerawat  dan mencuci wajah secara teratur.

3.Susu
Hasil penelitian dari British Medical Journal menunjukkan, mengonsumsi susu dalam kadar tinggi, terutama susu skim dapat meningkatkan keparahan jerawat. Olahan susu memungkinkan lebih memicu peningkatan hormon insulin dan Insulin-like growth factor 1, disebut juga somatomedin C  (IGF-1)  sebagai penyebab jerawat. Tingginya kadar insulin dan IGF-1 dalam darah akibat pola konsumsi tersebut akan memicu pertumbuhan sebum yang lebih cepat yang berkembang menjadi jerawat. Selain itu, jumlah protein dari susu juga dapat memicu kompleksitas masalah kulit melalui adanya inflamasi akibat peningkatan hormon androgen.

Meskipun demikian kedua hal tersebut lebih mungkin terjadi dengan adanya faktor penyebab lainnya seperti usia pubertas, kondisi kulit, infeksi bakteri dari lingkungan, dan kualitas pola makan secara keseluruhan.

Ada beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Cobalah susu dalam jumlah kecil dan periksa kondisi jerawat Anda. Jika jerawat tidak bertambah parah, artinya anda aman mengonsumsi produk susu dari diet Anda.
  • Mulai mencoba jenis produk susu yang berbeda misal menggunakan yoghurt.
  • Ganti sumber kalsium dengan alternatif lainnya, seperti brokoli, bayam, dan sayuran hijau.

Praktisi kesehatan asal Inggris, Dr. Luisa Dillner menyatakan, “Jerawat tidak disebabkan oleh kulit yang kotor. Diet atau asupan makanan yang masuk ke tubuh diyakini lebih memiliki peran, meskipun dalam jumlah kecil. Jadi, sebaiknya anda mengubah pola diet Anda.”