Kurangnya Konsumsi Air Mempengaruhi Fokus dan Kinerja Otak dalam Berpikir?

0
18

Sering belajar tapi selalu lupa dan kurang fokus dan konsentrasi? terkadang bukan daya ingat, kecerdasan seseorang atau metode pembelajaran yang salah bisa jadi anda kurang cairan tubuh.
Sering kali sebagai pelajar atau mahasiswa karena terlalu menikmati saat belajar atau mengerjakan tugas sering kali terlalu fokus tapi lupa dan tidak menyadari jika sedang kekurangan cairan. 60% tubuh anda terdiri dari cairan berarti sekitar 2/3 bagian dari berat badan tubuh. 80% darah terdiri dari air, 50% tulang terdiri dari air, jadi tanpa air yang cukup maka proses biokimia di dalam tubuh akan terganggu. Tahukah anda tanpa minum yang cukup akan mempengaruhi konsentrasi otak sampai koma?

Bahaya Kekurangan Minum Air Putih
Bahaya Kekurangan Minum Air Putih Untuk Otak

1.Mengganggu Proses Berpikir hingga Kecerdasan
Pakar Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK mengatakan “Karena memang konsentrasi terganggu kalau kekurangan cairan (dehidrasi)  daya ingat visual juga sekilas menurun”.

Dikutip dari Laman doktersehat.com, Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa anak-anak yang jarang mengkonsumsi air putih dan sering terkena dehidrasi akan berpengaruh besar pada kecerdasan juga kemampuan penyerapan ilmu.

Air membantu untuk memperlancar sistem elektris agar otak dan sistem syaraf dapat berfungsi normal dan sistem syaraf di otak akan mengirimkan sinyal elektris. Disebabkan darah kaya akan oksigen dan oksigen terdapat dalam cairan (air).

2.Kurangnya Konsentrasi hingga Mempengaruhi Mental 
Dikutip dari Science Alert, Institut Teknologi Georgia Mindy Millard-Stafford mengatakan “saat seseorang mengalami dehidrasi ringan maka tugas yang membutuhkan banyak perhatian akan terganggu”.

Saat kita kehilangan 2% massa tubuh karena dehidrasi setara 1 liter melalui urine atau keringat berakibat merusak kinerja mental (fokus, fungsi eksekutif (EF) sampai koordinasi motorik yang tidak selaras).

Menurut buku Mitos atau Fakta Air dan Hidrasi kurangnya 1% air mengakibkan mengganggu kerja otak dan kemampuan berpikir. Jika 2% penurunan konsentrasi dan daya ingat sesaat.

3.Hilangnya kesadaran sampai Koma
Dehidrasi terjadi ketika cairan tubuh yang hilang lebih dari yang diminum.
Ketika dehidrasi, maka organ, sel, dan jaringan gagal berfungsi dengan normal. Tekanan darah pun akan menurun dan tidak stabil. Sehingga tubuh pun hanya menghasilkan lebih sedikit darah dan oksigen untuk disalurkan ke otak.

Akibatnya, secara tiba-tiba Anda bisa kehilangan kesadaran (pingsan) jika kadar oksigen dalam otak terus berkurang bukan mustahil berpotensi mengarah ke risiko koma.

Air akan mencegah tubuh terdehidrasi, setiap sel dan organ tubuh membutuhkan air agar bisa berfungsi secara normal.