Kenali Penyebab, Jenis Jerawat dan Cara Mengobatinya ala Dermatologist (Part 2)

0
33

Siapa yang akan senang jika muncul jerawat di kulitnya?
Semua orang pasti akan berusaha agar si mungil kemerahan ini hilang. Artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya dan cara mengatasinya ala ahli dermatologi. Mau tahu kelanjutan jenis jerawat lainnya dan cara mengobatinya ? ,mari simak artikel dibawah ini.

Kenali Penyebab, Jenis Jerawat dan Cara Mengobatinya ala Dermatologist (Part 2)

1.Jerawat di T-Zone (Zona T)
Jenis jerawat dalam formasi bentuk T rata-rata muncul di dahi, hidung dan dagu dalam. Jenis Jerawat ini biasanya jerawat merah dan whitehead.

Jerawat T-Zone ( Zona T) disebabkan oleh polusi. Dendy Engelman MD, ahli Dermatologi and Bedah kosmetik dari Manhattan menyarankan penggunaan produk yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan retinoid,” kata

2. Jerawat hormonal (Acne Vulgaris)
Jerawat hormonal (Acne Vulgaris) muncul karena produksi minyak berlebih akibat perubahan hormonal. Alhasil menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan pori-pori tersumbat.

Dendy Engelman, MD mengatakan, pil kontrasepsi yang biasa dikonsumsi wanita juga bisa menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, bagi wanita pilihlah pil kontrasepsi (kontrasepsi oral) yang menyeimbangkan kadar hormon dan mampu membersihkan kulit.Menggunakan co-cyprindiol yaitu pengobatan hormonal yang dapat digunakan untuk jerawat yang sangat parah, dan resistensi antibiotik (kebal terhadap antibiotik).

3.Acne Fulminans
Melissa Kanchanapoomi Levin, MD, seorang profesor klinis di NYU Langone dan Mount Sinai Hospital, dokter kulit di kota New York , mengatakan Acne fulminans salah satu jenis jerawat langka dari jerawat kistik yang kronis terutama sering dialami remaja laki-laki.

“Ada juga tanda-tanda sistemik seperti demam, jumlah sel darah putih yang meningkat, nyeri sendi, 
tulang, dan nyeri otot,” tambahnya.

Jerawat ini ditandai oleh nodula (peradangan yang parah) disertai plak dengan luka terbuka. Selain di wajah, jerawat ini bisa muncul di area dada dan punggung.Melissa juga menyarankan, mengobati Acne fulminans menggunakan steroid sistemik oral, isotretinoin dan obat sistemik lainnya.

4.Jerawat Mechanica
Lily Talakoub, MD, dokter kulit sekaligus ahli dermatologi di McLean Dermatology and Skincare Centre menjelaskan jerawat mechanica memiliki nama lain yakni ‘sports-induced acne’ karena kerap kali terjadi pada atlet”.

“Mencuci wajah dengan skin care yang mengandung peroksida benzoyl seperti panoxyl dan asam glikolat agar dapat melakukan exofiliate (pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit) sekaligus mencegah jerawat mechanica,”  ujar Lily Talakoub.

Jerawat Mechanica disebabkan oleh  panas dan gesekan, tekanan di kulit atau memakai perlengkapan olahraga yang ketat atau pakaian yang basah, sehingga memicu iritasi dan kelebihan minyak dan berakibat jerawat

Untuk mencegah jerawat mechanica, segera mandi usai berolahraga atau berkeringat setelah cooling down.Tidak menggunakan topi dalam jangka waktu yang lama, hindari pemakaian pakaian yang sangat ketat. Gunakan pakaian berbahan katun yang memudahkan kulit untuk bernapas.