Kenali Dampak Negatif Kafein Dan Cara Pencegahannya

0
17

Tiada hari tanpa kopi mulai dari kemasan ekonomis berbentuk sachet di kios minuman hingga dikemas dengan aneka macam merk di mall , rasanya ada yang kurang tanpa minum kopi dalam satu hari , menikmati kopi sambil menjalani hari penuh rutinitas memang perpaduan yang pas.

Bahaya Kopi Untuk Tubuh - brosehat.com
Bahaya Kafein Untuk Tubuh

Tapi,ada bahaya mengintai menikmati kopi tanpa sarapan terlebih dahulu. Apa saja bahayanya mari kita bahas satu persatu :

1 . Asam Lambung Meningkat
Kopi terasa pahit tapi mengandung asam dan jika dikonsumsi langsung tanpa sarapan pagi maka merangsang produksi asam lambung berlebih yang bersifat “korosif” jadi disarankan untuk menghindari konsumsi kopi dalam keadaan perut kosong atau beresiko mengidap penyakit asam lambung / GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

2. Dehidrasi dan Kekurangan Nutrisi dalam Tubuh
Kafein juga memiliki dampak negatif yang membuat penikmat kopi mengalami dehidrasi dan tubuh kurang maksimal dalam menyerap nutrisi. Disebabkan kandungan Kafein berperan mempercepat pengeluaran cairan tubuh melalui ginjal jadi tak jarang penikmat kopi gemar ke kamar kecil sehingga tubuh tak sempat  menyerap mineral seperti seng , magnesium dan kalsium.

3. Menggangu Kualitas Tidur sekaligus Bangun Tidur 
Tak hanya kopi  saja yang mengandung kafein tapi sebenarnya teh, coklat dan minuman ringan lainnya juga. Kafein inilah yang memberikan “efek terjaga” . Kafein merupakan obat stimulan adenosine reseptor antagonis . Adenosine sendiri senyawa dalam tubuh yang berfungsi membuat rasa kantuk. Yang berarti bahwa kafein mampu membuat penikmatnya terjaga sekaligus terbangun.Karena si kafein ini menghambat kerja adenosine reseptor yang mengendalikan rasa kantuk.

Dilansir Medical News Today, investigator Henry Ford Sleep Disorder and Research Centre  Prof.Drake mengatakan untuk menghindari kafein setelah jam 5 sore jika ingin mendapatkan kualitas tidur malam yang baik.

Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan konsumsi dalam rentang waktu 6 jam sebelum tidur mengakibatkan berkurangnya durasi tidur 1 jam.

Saat bangun tidur dipagi hari tubuh memproduksi hormon kortisol yang berperan dalam pengendalian stres dan kadar gula darah. Mengonsumsi kopi saat pagi mengakibatkan tubuh sedikit menghasilkan hormon kortisol dan mengandalkan “kafein”. Itulah alasan penikmat kopi “Bad Mood” tanpa kopi dipagi hari karena memang kinerja hormon sudah digantikan oleh kafein.

Cara Minum Kopi Yang Baik dan Benar

Cara Meminum Kopi Yang Baik Dan Benar - brosehat.com
Meminum Kopi Yang Baik Dan Benar

Tapi untuk para penikmat kopi tidak perlu khawatir karena ada cara alternatif yang praktis agar lebih aman dan sehat :

  • Batasi konsumsi kopi 300-400 mg kafein per hari jika diambil perbandingan kopi kemasan sachet mengandung 100 mg kafein jadi 3 atau 4 bungkus. Lain halnya untuk espresso atau latte yang mengandung 200 mg kafein jadi cukup 2 kali saja
  • Para pakar menyarankan untuk minum kopi setelah makan makanan padat. Minum secangkir air hangat ketika bangun tidur, dan kemudian sarapan Anda sebelum akhirnya bisa mengonsumsi kopi favorit Anda.
  • Tambahkan sesendok mentega atau susu ke dalam kopi hitam untuk membantu tubuh mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga dapat mengurangi efek buruk dari kafein pada perut kosong.
  • Ganti konsumsi kopi dengan buah Apel karena kadar gula apel yang bekerja perlahan dalam tubuh lebih efektif membuat efek segar dan fokus.
  • Tidak ada salahnya mencoba secangkir jahe karena manfaat jahe yang dapat memperbaiki mood sampai kesehatan pencernaan.