Kebiasaan Buruk Pemicu Penyakit Skin Aging dan Cara Efektif Mengatasinya

0
30

penuaan dini

Apa yang dinamakan penuaan dini (skin aging)?

Penuaan (Aging) adalah hasil akumulasi dari perubahan organisme atau objek karena waktu.
Sedangkan penuaan dini atau penuaan kulit adalah ketika anda terlihat lebih tua dari usia anda yang seharusnya.

Wajarkah mengalami penuaan dini?

Kulit sangat rentan terhadap beragam faktor seiring bertambahnya usia, seperti radiasi sinar matahari, perubahan iklim dan polusi serta radikal bebas.

Penuaan kulit adalah proses yang alami. Artinya, dimana fase setiap individu akan mengalaminya . Sekalipun merupakan proses yang pasti terjadi, penuaan dini dapat dicegah atau diperlambat dengan mengurangi faktor penyebab terutama wanita karena rentan penuaan dini.
Apa saja tanda penuaan dini (skin aging)?

Muncul bercak hitam (flek), garis halus(laughter lines), kehilangan elastisitas(kulit kendur), pori – pori membesar, kulit menjadi kasar, kantong mata turun dan perubahan warna kulit.

Faktor penyebab penuaan dini

Ada 2 jenis penuaan dini :

  • Penuaan Intrinsik
  • Penuaan Ekstrinsik

Penuaan intrinsik adalah perubahan yang terjadi pada kulit karena pengaruh gen seperti kulit anda semakin menipis dan kering seiring bertambahnya usia.

Penuaan ekstrinsik adalah faktor yang berasal dari luar tubuh atau lingkungan. Ditandai dengan adanya kerutan dan flek pada kulit seperti paparan sinar matahari dan polusi, stres, kurang tidur, minuman beralkohol, pola makan, gravitasi, pergerakan wajah, obesitas, sampai posisi tidur.

Kebiasaan apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini (skin aging)?

1. Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari

Tidak ada salahnya menggunakan tabir surya dengan broad-spectrum, SPF 30 ketika beraktivitas diluar ruangan. disarankan untuk memakainya  pada pukul 11.00 hingga 15.00, baik pada cuaca panas atau mendung.

Walaupun sudah memakai tabir surya tetap saja cari tempat teduh, gunakan topi, payung, kaca mata hitam anti sinar UV atau pakaian yang longgar yang tertutup.

2. Kurang tidur

Kualitas tidur buruk tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Seseorang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan area kulit, sallah satunya penuaan dini. Kurang tidur dapat mengurangi penampilan seseorang sebab wajah terlihat kurang fresh.

3. Berhenti merokok

Zat kimia dan nikotin yang terkandung dalam rokok berperan dalam meningkatnya jumlah radikal bebas pada kulit. Perokok lebih cepat mengalami penuaan dini disebabkan kerusakan jaringan tubuh oleh zat-zat beracun rokok yang menghambat sirkulasi darah di area wajah. Hal ini berakibat mempercepat timbulnya keriput serta rona wajah menjadi kusam.

4. Hindari ekspresi wajah berulang

Ketika membentuk ekspresi wajah, otot di bawah wajah berkontraksi. Jika otot yang sama berkontraksi berulang, garis yang tercipta akan menjadi kerutan permanen.

5. Pola makan yang seimbang

Menurut Keith-Thomas Ayoob, ahli gizi dari New York mengatakan “Gizi yang buruk akan membuatmu tampak lebih tua bagimu, dan semua kalori itu (lemak jenuh dan makanan tinggi gula) juga tidak bermanfaat”.

Menurut Rebecca Lewis, ahli nutrisi dari HelloFresh, “Konsumsi lemak jenuh berlebihan, terutama ketika dikombinasikan dengan makanan tinggi gula, akan berkontribusi pada peradangan”.
Pola makan turut memengaruhi kondisi kulit anda, jenis makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan dapat mempercepat proses penuaan.

Makanan dengan kandungan gizi yang buruk mekanismenya adalah dengan menimbulkan peradangan kronis pada tubuh, contoh lemak trans yang terkandung dalam makanan.

Beberapa contoh makanan yang memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan (misalnya roti dan pasta), makanan yang terlalu manis. Kedua jenis makanan jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak kolagen kulit.

Jenis makanan serupa yang sebaiknya dibatasi adalah gorengan,  makanan cepat saji dan lemak daging. Disarankan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti yang terkandung pada buah anggur, varietas buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, kacang – kacangan dan biji-bijian utuh.

6. Hindari konsumsi alkohol

Alkohol juga dapat menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C, di dalam tubuh. Ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang penting untuk regenerasi sel baru.
Sehingga membuat kulit menjadi dehidrasi. Hal ini bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

Referensi :

Wikipedia – penuaan
Lima Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini Kulit – Alodokter
Hellosehat.com – bagaimana penuaan kulit bisa terjadi?
Hati-hati, Ini 7 Tanda Penuaan Dini yang Perlu Kamu Waspadai – Popbela.com
Kompas.com 10 Makanan yang Mempercepat Penuaan