Kanker Tidak Hanya Menyerang Orang Dewasa Tapi Di segala Usia

0
15

Apa itu leukemia?

Kanker Tidak Hanya Menyerang Orang Dewasa Tapi Di segala Usia

Penyakit leukemia, penyakit akut atau konis karena satu tipe leukosit tidak matang lalu berkembang biak secara ganas di dalam sumsum tulang atau kelenjar limfa, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya dan dikenal sebagai kanker darah.

Apa saja jenis-jenis leukemia?

Berdasarkan seberapa cepat perkembangannya serta jenis sel darah putih yang diserang, leukemia ini dibedakan jadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Leukemia akut. Biasanya dialami anak  usia 3 – 5 tahun.
  • Leukemia kronis. 
  • Leukemia limfositik atau limfoblastik. Jenis sel darah putih yang diserang (jenis lymphocytes).
  • Leukemia myelogenous. Jenis sel darah putih yang diserang  (jenis myelosit).

Childhood cancer (Leukimia) yang sering terjadi pada anak

Childhood cancer (Leukemia) adalah istilah medis dunia barat untuk penyakit kanker leukimia. Bukan tanpa sebab mayoritas anak- anak mengidap leukimia.

Menurut Healthline sekitar 4.000 anak di Amerika Serikat didiagnosis dengan penyakit leukimia setiap tahunnya.

Jenis leukemia terbanyak peringkat pertama adalah Leukemia lympoblastic akut  (Acute Lymphocytes Leukemia). Diurutkan kedua adalah Leukemia myelogenous akut (Acute Myelogenous Leukemia). Keduanya dikategorikan dalam leukemia akut sebab pertumbuhannya sangat cepat.

Leukemia lympoblastic akut (ALL) Perbandingannya 3 dari 4 kasus leukemia pada anak. Jenis ini biasanya menyerang sel darah putih limfosit.

Dikutip data American Cancer Society, 85% lebih anak pengidap Leukemia lympoblastic akut (ALL), berhasil hidup selama 5 tahun setelah dirawat.

Leukemia myelogenous akut (AML) = Leukemia jenis ini biasanya menyerang sel darah putih (myelosit).
Hybrid atau lineage leukemia adalah leukemia dengan gejala menyerupai ALL dan AML.
Leukemia kronis
Leukemia myelomonocytic juvenile

Sebuah penelitian yang dipimpin dr. Eric Larsen, direktur medis Maine Children’s Cancer Program, efek penyakit leukemia yang diderita remaja lebih parah dibandingkan usia anak kecil, sampai leukemia yang dialami orang dewasa.

“Hasil akhir inferior untuk pasien remaja dan dewasa muda akibat resistensi terhadap penyakit, mengakibatkan akan kemungkinan terjadinya penyakit berulang dan tinggi kemungkinan toksitas dari perawatan,” kata Larsen

Pasien remaja dan dewasa muda punya kecenderungan kembali mengalami kanker leukemia 21,3%. Sementara kecenderungan pada anak-anak hanya 13,4%.

Lima tahun setelah perawatan kanker, tingkat kesembuhan dan tak terdeteksinya kanker darah pada remaja dan dewasa muda usia 16-30 tahun mencapai  68 %. Sementara pasien berusia antara 1-15 tahun memiliki tingkat kesembuhan mencapai 80,9%.

Secara keseluruhan, kesempatan bertahan pasien dewasa adalah 79,8% kesempatan bertahan pasien remaja dan dewasa muda 88,4. Menurut para peneliti, statistik kemampuan bertahan ini cukup signifikan.

Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, sekitar 16.291 anak terkena kanker dalam rentang usia bayi – 14 tahun. Leukemia menempati urutan teratas dari kasus kanker pada anak sampai umur 17 tahun.

Prof dr. Djajadiman Gatot seorang ahli kanker anak,” Jumlah anak penderita kanker hanya berkisar 3 – 4 % dari jumlah kanker secara keseluruhan. Dari persentase tersebut, 2/3 anak menderita leukemia”.

Ikatan Dokter Anak Indonesia 2014, angka kasus mencapai 144 pasien baru.
Tahun 2015, rumah sakit menerima pendaftaran baru sebanyak 206 pasien kanker pada anak-anak.
Tahun  2016 menjadi 252 kasus baru. Dari jumlah tersebut, leukemia menduduki peringkat pertama sebagai kanker diidap oleh anak-anak.

Dari catatan Medical Report Department Dharmais Cancer Hospital, pada 2010 terdapat 31 pasien. selama periode 2011-2013 bertambah hingga 132 pasien. Tahun 2013 menjadi yang tertinggi dengan 55 pasien baru.

Kepala Instalasi Anak RS Kanker Dharmais, dr. Haridini Intan menyarankan sebaiknya orang tua mengenali 6 jenis kanker yang sering menyerang anak sebagai tindakan pencegahan.

Pertama – Leukimia

mengatakan leukemia menjadi kasus kanker nomor satu dan semua anak bisa mengidap kanker ini. Disebutkan hampir setiap RS dengan fasilitas pengobatan kanker persentasenya 70% anak mengidap kanker leukemia.

Gejala umum leukemia berupa wajah pucat, demam tanpa sebab dan berhari-hari, pendarahan (mimisan), lebam area kulit, badan lesu, nafsu makan dan berat badan turun.

Kedua – Retinoblastoma

merupakan tumor ganas area mata dijumpai pada bayi dan anak usia dibawah 5 tahun. Dapat terjadi disalah satu sisi atau keduanya dan menyebabkan kebutaan hingga kematian.

Gejala umum seperti manik mata putih(mata kucing). Manik mata putih itu berupa bayangan putih pada bagian tengah mata, persis seperti mata kucing atau katarak. Mata juling, mata merah, pembesaran bola mata, peradangan jaringan bola mata, dan penglihatan buta.

Ketiga – Kanker tulang (Osteosarcoma)

penderita merasakan nyeri tulang dan terasa nyeri dimalam hari atau setelah beraktivitas, pembengkakan, kemerahan dan terasa hangat didaerah terasa nyeri tulang.

Keempat – Kanker saraf (Neuroblastoma)

mengalami perdarahan di sekitar mata dan mata menonjol dan bisa terjadi ketika bayi baru lahir.

Kelima – Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma Malignum)

Gejala umum yaitu pembengkakan kelenjar getah bening di leher, sesak napas, demam, lemah, lesu, nafsu makan dan berat badan turun secara drastis.

Keenam –  Karsinoma Nasofaring

kanker bagian tenggorokan  terletak di atas langit-langit mulut atau hulu kerongkongan berhubungan dengan hidung.

Gejalanya dapat berupa mukus (ingus) bercampur darah, pilek dan air ludah kental, hidung tersumbat dan mimisan, tuli sebelah, telinga berdengung serta nyeri telinga.

pembesaran kelenjar getah bening pada leher, gangguan penglihatan, kesulitan membuka mulut, gangguan menelan, kesemutan, dan kebas area wajah.

Referensi

https://www.beritasatu.com/ – Presentasi kesembuhan pasien leukemia usia remaja, presentasi kesembuhan pasien di usia anak-anak.
https://hellosehat.com – Sering Menyerang Anak, Ortu Wajib Kenali Kanker Darah Leukimia
Liputan6.com – Leukemia Jadi Kanker Tertinggi di Indonesia yang Diderita Anak
Merdeka.com – Leukemia pada anak-anak dan orang dewasa, apa bedanya?
http://www.depkes.go.id/ – INILAH 6 JENIS KANKER YANG RENTAN TERJADI PADA ANAK