Ini Dia Mitos Mitos Dimasyarakat Tentang Mandi Malam Hari

0
19
mandi malam hari menyebabkan rematik
mandi malam hari

Ada Mitos dan Fakta bahaya mandi ketika malam hari yang belum tentu benar tapi dipercaya oleh masyarakat. Mandi Malam dapat menyebabkan Penyakit mulai dari Rematik, Paru-paru Basah, Osteoporosis, Masuk Angin dan demam serta mengganggu metabolisme hingga penuaan dini.

Apakah benar mandi malam bisa menyebabkan itu? Mari kita kupas mitos dan kenyataan tentang mandi pada malam hari ini.

1.Rematik
Faktanya :Rematik dalam bahasa medis dinamakan dengan rheumatoid arthritis (RA)ialah penyakit yang mengakibatkan peradangan, menyebabkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Penyakit ini diakibatkan oleh gangguan autoimun.

Rematik bisa memengaruhi keterampilan penderitanya dalam melakukan kegiatan sehari hari. Peradangan sendi yang menyerang pinggul, lutut atau kaki pun dapat menyebabkan sulit berjalan, membungkuk, atau berdiri.

Rematik ialah salah satu penyakit yang seringnya dirasakan oleh orang lanjut usia (lansia). Akan tetapi, Rematik juga dapat dialami oleh orang dewasa, remaja, dan bahkan anak-anak. Wanita diketahui 2-3 kali lebih berisiko mempunyai penyakit rematik ini dibanding pria.

Pendapat dokter : Gejala paling khas dari rheumatoid arthritis adalah nyeri sendi dan kekakuan sendi yang biasanya memburuk di pagi hari setelah bangun tidur atau duduk terlalu lama.(dr. Tania Savitri – Dokter Umum)

2.Paru-Paru Basah (Pneumonia)
Faktanya :Paru-paru basah atau (pneumonia) ialah penyakit yang diakibatkan infeksi yang merangsang inflamasi pada kantong – kantong udara (alveolus) di antara bagian paru-paru, atau keduanya. Pneumonia diakibatkan oleh (infeksi) virus, jamur, atau bakteri terhadap sistem pernapasan.

Pendapat Dokter : Penyakit Paru-Paru Basah (Pneumonia) bisa berkembang usai sakit pilek atau flu yang parah. Selain dari Streptococcus pneumoniae, bakteri penginfeksi lainnya ialah Legionella pneumophila dan Chlamydophila pneumonia. Mikroplasma mempunyai sifat bakteri dan virus adalah penyebab penyakit paru-paru basah ringan. Virus flu bisa memperparah kondisi pneumonia. (dr. Marianti)

3.Osteoporosis
Faktanya : Dikutip dari laman doktersehat.com, osteoporosis ialah kelainan tulang berupa menurunnya kepadatan tulang. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan kalsium pada tulang. Disebut sebagai ‘tulang berpori’ sangat umum dikenal sebagai “tulang keropos”. Sebab osteoporosis ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Pendapat dokter : Kurangnya konsumsi makanan yang berisi kalsium menjadi salah satu penyebab utama bertambahnya jumlah pengidap osteoporosis di Indonesia. Selain umur tua, dalam hal keturunan, Penyakit kelenjar hormon, seperti kelenjar tiroid (hipertiroidisme). Malabsorpsi (ketidakmampuan usus menyerap nutrisi makanan),pemakaian obat yang memengaruhi kekuatan tulang atau kadar hormon, seperti konsumsi prednisolon sampai reumatik. (dr. Marianti)

4.Masuk Angin, Demam, Mengganggu Metabolisme Tubuh sampai Penuaan Dini
Opini :Ketika suhu tubuh merasakan peningkatan di malam hari pori- pori kulit terbuka , mandi ketika malam hari akan menyebabkan air masuk ke dalam pori kulit tercampur dengan suhu tubuh dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh turun. Sehingga mudah merangsang demam dan masuk angin. Juga mengganggu sistem metabolisme tubuh dan berdampak pada metabolisme lemak menjadikan kulit cepat keriput.

Faktanya & Pendapat dokter : Mandi malam tersebut sama sekali tidak berbahaya. Adapun penyakit yang muncul akibat dari mandi malam harus dilihat indikasinya dahulu, seperti fenomena penyakit yang telah ada sebelumnya ujar Dr. Wieke Dewi Purnama Sp.A, m.Kes.

Sebelum mandi malam usahakan merilekskan tubuh terlebih dulu khususnya setelah beraktivitas. Karena jika mandi malam dengan air dingin maka akan langsung menyebabkan pembuluh darah menyempit dan suhu tubuh menjadi tidak stabil , seba* tubuh masih dalam posisi “panas”. Setelah rileks maka tidak apa-apa, dianjurkan mandi malam memakai air hangat.

Mandi malam mempunyai efek positif bila dilaksanakan dengan teknik yang benar, seperti bisa membuat tubuh lebih segar , mencegah terjadinya insomnia sampai mengurangi tekanan pada darah.