Cara Mengatasi dan Mengusir “Kutu Rambut” Kecil Musuh Rambut

0
26

Kutu kepala merupakan parasit pengisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala khususnya pada area rambut.

mengatasi kutu rambut dengan serit

Setelah menetas larva kutu berukuran sangat kecil, mendapatkan makanan dengan cara menghisap darah melalui lubang kecil pada kulit kepala manusia.

Kutu rambut tidak dapat terbang atau juga meloncat seperti serangga pada umumnya. Uniknya kutu rambut berkamuflase seperti bunglon setelah berada di kepala yang baru, reseptor pada tubuhnya akan menyesuaikan warna tubuhnya dengan warna rambut orang tersebut untuk bersembunyi.
Kutu rambut mampu hidup dan menyebar di rambut manusia saja, tidak dapat menular pada bulu hewan.

Gejala pertama jika terserang kutu rambut adalah munculnya rasa gatal pada area kepala, terutama pada bagian leher dan belakang telinga. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh atas air liur yang dikeluarkan oleh kutu tersebut.

Tidak ada upaya pencegahan yang sangat efektif untuk kutu rambut ini

Jika anda sudah tertular kutu, tak ada cara lain selain membunuh dan menutup ruang gerak dan produksinya dengan cara perawatan rambut secara benar.

Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut.

Penularan kutu rambut cenderung lebih sering terjadi di dalam keluarga atau di kalangan pertemanan anak-anak sebaya yang aktif berinteraksi dan melakukan kontak fisik.

Mendeteksi keberadaan dan Mengobati kutu rambut

Karena secara kasatmata keberadaan kutu rambut sulit terlihat, paling efektif dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir khusus terbuat dari plastik, kayu dan besi ini bermanfaat menjaring atau menangkap kutu rambut sekaligus telur kutu karena kerapatan gigi-gigi yang berjarak rapat, sekitar 0,2 -0,3 mm.

Sebelum mengobati kutu rambut dengan menggunakan obat-obatan, sebaiknya lakukan penanganan dengan cara sederhana terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan sisir serit. Metode penyisiran ini efektif digunakan dengan cara basah. Ulangi penyisiran pada hari kelima, kesembilan, ketiga belas, dan ketujuh belas.

Ada dua cara menggunakan sisir serit, yaitu dengan cara basah dan kering.

Dengan cara basah

  • Cuci rambut terlebih dahulu dengan sampo.
  • Gunakan kondisioner untuk melembutkan rambut.
  • Sisir rambut dengan sisir biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut agar tidak menghalangi pergerakan sisir serit.
  • Gunakan sisir serit perlahan-lahan dari kulit kepala, lalu tarik sisir hingga ke ujung rambut.
  • Periksalah sisir serit apakah terdapat kutu atau telur kutu pada permukaan sisir atau yang terselip di antara gigi-gigi sisir.
  • Ulangi cara ini hingga seluruh rambut tersisir secara merata.

Dengan cara kering

Penggunaan sisir serit dengan cara kering serupa dengan cara basah. Bedanya rambut tidak perlu dikeramas dengan sampo atau dilembutkan terlebih dahulu dengan kondisioner.

Namun cara pertama dianggap lebih efektif dikarenakan kutu kesulitan bergerak jika kondisi rambut dalam keadaan basah.

Jika pembersihan menggunakan sisir rambut belum berhasil, cobalah untuk menggunakan obat anti parasit yang dijual bebas di apotek (misal :  peditox).

Obat kutu rambut memiliki komposisi permethrin, benzyl alcohol, ivermectin, atau malathion. Anti parasit ini tidak dapat langsung membunuh telur kutu. Oleh karenanya, diperlukan setidaknya dua kali pemakaian untuk memastikan kutu benar-benar mati hingga ke telurnya.

Efek samping obat ini tergolong ringan, yaitu rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Ikutilah petunjuk penggunaan permethrin yang tertera pada kemasan obat.

Pemeriksaan ke dokter hanya dianjurkan jika obat kutu rambut yang Anda beli langsung di apotek tidak menunjukkan hasilnya. Kemungkinan dokter akan meresepkan obat seperti:

Malathion. Obat anti parasit berbentuk sampo memiliki kandungan alkohol tinggi dan dianjurkan untuk berusia diatas  6 tahun. Karena kandungan alkoholnya yang tinggi, maka dilarang menggunakannya bersamaan dengan catokan rambut atau dekat dengan api. Untuk petunjuk penggunaan malathion, ikuti saran dokter atau baca informasi yang tercantum dikemasan obat.

Benzyl alcohol. Obat ini membunuh parasit dengan cara memutus pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh kutu rambut. Dilarang untuk memberikan benzyl alcohol pada anak usia di bawah enam bulan.

Efek samping yang terjadi setelah penggunaan obat ini adalah gatal dan merah pada kulit kepala.

Lindane. Obat anti parasit ini sebenarnya masuk ke dalam kategori obat keras dan dilarang digunakan oleh mereka yang memiliki riwayat kejang-kejang, positif HIV, ibuhamil, dan memiliki berat badan di bawah 50 kilogram. Lindane untuk kutu rambut tersedia dalam bentuk sampo.
Mencegah kutu rambut

Lantas, ada beberapa tips pencegahan kutu rambut yang bisa diterapkan kepada diri sendiri, anak, atau keluarga, antara lain:

  • Hindari kontak langsung ( kepala dengan kepala) saat melakukan aktivitas di dalam rumah atau di luar rumah.
  • Rutin memeriksa keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit.
  • Menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan jika perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
  • Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti sisir rambut, topi, bantal, selimut, pakaian untuk mencegah penularan kutu rambut.
Referensi :
Merdeka.com – 8 Hal yang tidak kamu ketahui tentang kutu rambut
https://www.alodokter.com/
Cara Mengatasi Kutu Rambut
https://www.alodokter.com/
Kutu Rambut