Cara Efektif Musnahkan “Kutu Rambut” Tanpa Risiko Iritasi Kulit Kepala

0
27

Dr Hannah Chow-Johnson menyarankan kepada orang tua cara memeriksa kutu dengan melakukan langkah-langkah berikut :

  • Dudukkan anak di wastafel yang berisi air hangat dan sisir rambut menjadi beberapa bagian secara teliti.
  • Semprotkan air pada bagian kecil rambut dan tarik sisir sampai ke ujungnya.
  • Bilas sisir dan bersihkan dengan handuk.
  • Ulangi proses ini sampai semua rambut di kepala anak telah diperiksa.
Cara Efektif Musnahkan “Kutu Rambut”  Tanpa Risiko Iritasi Kulit Kepala

Orang tua yang menemukan kutu atau telur kutu harus mengecek semua orang di rumah, mencuci semua seprei, selimut dan handuk dalam air panas dan menyegel benda yang tidak dapat dicuci setidaknya selama 72 jam  dengan kantong plastik.

Telur kutu menetas dalam rentang waktu 8-9 hari, menjadi dewasa dan mencari pasangan untuk menghasilkan lebih banyak kutu. Jadi, selain membasmi kutu jangan lupa telur kutunya juga harus dibasmi.

“Setelah kutu kepala anak dibersihkan, anak masih rentan terjangkiti selama enam minggu. Disarankan rutin menggunakan produk anti-kutu setiap minggu dan memeriksa kutu setiap hari,” kata Chow-Johnson.

Berikut tips mengobati kutu rambut dengan bahan tradisional yang tidak kalah khasiatnya dengan obat anti kutu :
1.Minyak Zaitun untuk si rambut panjang
Cara menghilangkan telur kutu pada rambut panjang :
Keramas sampai rambut bersih, lalu keringkan. Oleskan minyak zaitun merata pada kulit kepala lalu pijatlah dengan lembut. Gunakan penutup kepala (shower cap) dan diamkan sampai besok pagi. Setelah bangun dari tidur, keramas rambut anda dengan menggunakan sampo.

2.Mayonnaise
Selain sebagai bahan pelengkap makanan, mayonnaise bermanfaat menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen. Begini caranya :
Oleskan saus mayo pada kulit kepala dan pijit lembut sampai merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut, biarkan sekitar 5 – 6 jam lalu keramas rambut anda dengan sampo. Setelah kering, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit agar benar-benar bersih.

3.Bawang putih 
Cara menghilangkan kutu rambut secara alami menggunakan bawang putih :
Siapkan 10 siung bawang putih blender sampai halus lalu campur 3 sdt air jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala hingga merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut anda. Biarkan selama 30 menit. Lalu keramas rambut Anda hingga bersih.

Jika cara-cara menghilangkan kutu rambut secara tradisional tidak efektif, baru anda dapat menggunakan obat kutu rambut yang dijual bebas atau dengan resep dokter.

Fakta Menarik Tentang Kutu

Dikutip situs Today I Found Out, penduduk dari kalangan bawah menghindari mandi sama sekali. Ketika itu, setiap orang membatasi ritual mandi dengan mencuci tangan, sebagian wajah, dan berkumur.

Rambut kaum bangsawan Eropa yang elegan, mekar dan tertata ternyata di balik tatanan rambut itu, terdapat segerombolan kutu.

Sisir dan tusukan yang ditempelkan di rambut, sesungguhnya memiliki fungsi menggaruk kulit kepala dan menusuk kutu.

Mencuci rambut merupakan kegiatan yang lebih jarang lagi dilakukan dibanding mandi. Keramas bahkan bukan kegiatan yang rutin dilakukan. Menariknya, kebiasaan ‘berkutu dan jorok’ terus berlangsung sampai abad ke-19.

Dikutip The Vintage News, di Eropa, orang berkutu dianggap sehat salah satunya kebiasaan membiarkan kutu di Kerajaan Spanyol, dari yang muda sampai tua, dari bangsawan hingga rakyat jelata. Mereka meyakini bahwa adanya kutu di badan sebagai pertanda kesehatan. Sebab kutu jarang dan tidak pada orang yang sedang sakit.

Orang Eropa abad pertengahan gemar menggunakan bulu hewan pada pakaian mereka. Mereka berpikir dengan memakai baju dari bulu hewan dengan tujuan menarik perhatian kutu untuk pindah dari tubuh mereka ke serat pakaian.

Orang Eropa pada abad pertengahan baru bersih dan terbebas dari kutu setelah ditemukan DDT (diklorodifeniltrikloroetana atau dichlorodiphenyltrichloroethane).  Bentuknya seperti kristal, bening, hambar dan hampir tidak berbau.

Referensi:
Kaskus
Jarang Mandi dan Penuh Kutu, Ini Kebiasaan Jorok Bangsawan Eropa
https://www.liputan6.com
detikHealth – Kutu Kepala Suka Rambut yang Bersih
m.merdeka.com
9 Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami dan permanen