Beruban Dalam Semalam, Kenali Canities subita Sindrom Sang Ratu Prancis

0
54

Mungkinkah rambut kehilangan pigmen melanin dalam waktu semalam? 

Sesungguhnya rambut yang memutih dalam semalam bukanlah sekedar mitos. Dalam dunia medis fenomena biologi ini dinamakan Canities subita atau dikenal sebagai Sindrom Marie Antoinette.
Pengidap Canities subita pertama kali ternyata berasal dari orang Yahudi

Beruban Dalam Semalam, Kenali Canities subita Sindrom Sang Ratu Prancis

Kasus kali pertama Canities subita dalam sejarah tertulis dalam kitab Talmud yang  mengisahkan seorang pelajar Yahudi, masih berusia 17 tahun tetapi rambutnya sudah beruban akibat kerja berlebihan.

Rambut memutih (beruban) merupakan bagian dari proses penuaan dan terjadi secara perlahan. Tetapi, ada juga rambut yang bisa memutih dalam semalam tanpa disemir.

Salah satu kisah paling terkenal dari fenomena tersebut adalah Ratu Prancis dari raja Louis XVI yaitu Maria Antoinette. Sejarah mengisahkan sehari sebelum dieksekusi mati pada 16 Oktober 1793 rambut mantan ratu prancis itu mendadak putih. Konon, dia mengalami stres menjelang akhir hidupnya yang menyebabkan warna rambutnya hilang dalam hitungan semalam.

Kasus Sindrom Maria Antoinette

Sebuah penelitian yang dirilis tahun 2013, menyebutkan jika semenjak tahun 1800 kurang lebih ada 84 kasus Sindrom Maria Antoinette (Canities subita). Dan keseluruhan penyebab dari kasus sindrom ini juga berkaitan dengan stres berat atau trauma berat.

British Medical Journal tahun 1902,  menyebutkan jika ada kasus dimana ada wanita berusia 22 tahun yang mendadak rambutnya berubah menjadi putih dan terus-menerus mengalami menstruasi karena Ia menjadi saksi sebuah pembunuhan sadis. Selain itu, ada kasus serupa yang melaporkan jika banyak orang yang mengalami sindrom Maria Antoinette (Canities subita) berkaitan memiliki latar belakang terlibat peristiwa kejahatan, perang, dan traumatis hebat.

Serupa Maria Antoinette, sebagian besar kasus Cantities subita di era modern juga dipicu oleh stres atau trauma berat.

Meskipun belum ada penjelasan tepat menguak penyebab fenomena Canities subita, akan tetapi konsep  pikiran dan stres memiliki pengaruh besar terhadap tubuh memang tidak boleh diremehkan begitu saja.

Penelitian berkaitan dengan Sindrom Maria Antoinette (Canities subita)

Universitas New York tahun 2013 mempublikasikan penelitian pada Nature Magazine tentang keterkaitan antara stres jangka panjang serta pengaruhnya dengan warna rambut.

Dalam penelitian itu peneliti menemukan stres dapat menyusutkan kandungan melanocyte atau sel punca yang menentukan warna rambut. Peneliti menemukan stres yang menyebabkan melanocyte atau sel punca berkurang atau hilang pada folikel rambut pada akhirnya membuat rambut beruban.

Penelitian yang  dikutip Scientific American menyimpulkan proses yang membuat rambut memutih memiliki persamaan yang multi-variabel. Hormon stres berdampak pada daya tahan dan aktivitas melanocyte. Dan perlu meneliti lebih lanjut hubungan antara stres dan beruban.

Selain menjadi faktor penyebab rambut beruban, stres juga memicu (hipertensi) tekanan darah tinggi, (Heart attack) serangan jantung, kecemasan sampai depresi. Sehingga stres dijuluki sebagai  ‘silent killer’ (pembunuh diam – diam).

Dikutip Huffington Post, beruban juga tergantung pada genetik (internal) dan kesehatan secara keseluruhan. Ada yang mulai menemukan uban di kepalanya ketika masih menjadi murid di SMA, namun ada juga  yang baru beruban ketika berusia 50 tahun.

Mayoritas rambut wanita mulai berubah memutih ketika berusia 35 tahun, sementara untuk pria, beruban terjadi lebih cepat pada usia 30 tahun.
Namun para peneliti masih belum semua sepakat apakah memang stres bisa membuat rambut menjadi abu-abu.

Fakta Menarik

Sementara tentang Marie Antoinette, ada sebuah teori yang berbeda bahwa sang ratu sengaja mengenakan wig untuk menyambut kejadian penting, yakni pemenggalannya pada akhir hidupnya.
Dikutip dari BBC menyebutkan sang mantan ratu Perancis itu lupa menyemir rambut saat berada dalam sel tahanan, dikarenakan depresi (tekanan batin). Ketika Marie tampil di depan publik sesaat jelang  eksekusi, dengan rambut pendek, terlihat rambunya sudah beruban”.

Referensi

Doktersehat.com Sindrom Maria Antoinette, Sindrom yang Bisa Membuat Rambut Memutih Dalam semalam
Wikipedia Sindroma Marie Antoinette
KOMPAS.com – Misteri di Balik Rambut yang Memutih dalam Semalam
https://m.cnnindonesia.com/ – Fakta Ilmiah Stres Ubah Rambut Jadi Uban dalam Semalam