Apakah Berbuka Puasa Cukup Hanya Dengan Kurma dan Air putih Saja?

0
22

Berbukalah dengan yang manis adalah kalimat yang sering terdengar ketika menjelang berbuka setelah berpuasa selama seharian di bulan Ramadhan. Salah satu pilihan makanan manis untuk berbuka puasa sesuai sunnah adalah kurma.

pakah Berbuka Puasa Cukup Hanya Dengan Kurma dan Air putih Saja?

Ada hadis yang meriwayatkan Nabi berbuka dengan kurma dan air putih. Buah kurma merupakan sumber gula yang baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Pakar kesehatan dari Singapure General Hospital Tan Sheau Kang menyebutkan, pada buah kurma terkandung sejumlah potasium yang cukup tinggi. Potasium dapat membantu mengembalikan fungsi otot dan saraf.

Kurma ternyata kaya akan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, Tan ternyata menyarankan untuk tidak dikonsumsi berlebihan dikarenakan kandungan gula alaminya yang sangat tinggi.

Tan menyebutkan bahwa berbuka puasa hanya dengan memakan kurma sebenarnya sudah cukup sehingga tidak perlu mengonsumsi makanan atau minuman manis lainnya.

Hanya saja, disarankan lebih baik mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, seperti kandungan karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat selama bulan puasa. Hindari mengonsumsi gula, lemak, dan garam dengan berlebihan.

Konsumsi makanan sehat saat berbuka dan sahur, membuat tubuh menjadi sehat, bugar, dan tidak akan mudah jatuh sakit selama bulan puasa. Melihat adanya fakta ini, minum air putih dan beberapa butir kurma sudah cukup saat berbuka puasa. Hanya saja, beberapa saat setelahnya, disarankan mengonsumsi makanan sehat mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang .

Beragam Manfaat kurma seperti :

1. Membantu proses pencernaan makanan berlangsung lebih baik dan efisien. Sehingga mampu meringankan kerja sistem pencernaan seseorang.

2. Kandungan Serat pada kurma membantu melancarkan proses pembuangan melalui usus dan mencegah kolesterol jahat terserap bersama zat-zat kimia penyebab kanker.
3.Zat besi dalam kurma juga merupakan komponen utama dalam pembentukan hemoglobin dalam darah merah.

4.Vitamin B di dalam kurma dapat diserap retina dan mampu mengoptimalkan fungsi filter cahaya dan melindungi dari degenerasi makular.

5.Vitamin A dan K-nya melindungi mata dan menjaga kulit tetap sehat.
Manfaat Berbuka Dengan Air Putih :

Selain kurma, Rasulullah SAW memberikan alternatif pilihan bagi umatnya untuk berbuka puasa dengan seteguk air (air putih). Dalam dunia medis dan kesehatan, air putih memiliki manfaat yang sangat besar bagi kondisi tubuh manusia.

Air putih penangkal racun alami dalam tubuh. Sebab membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh melalui urine. Disarankan, meminum air putih 2-3 liter per hari untuk kesehatan tubuh.

Air putih membantu melancarkan sistem pencernaan. Sama seperti kurma, air putih berperan membantu proses pencernaan makanan yang dikonsumsi agar dicerna dengan baik.

Chef Haryo Pramoe menyarankan, mengonsumsi segelas air putih dan 5-7 biji kurma cukup untuk memulihkan energi tubuh. “Itu kombinasi bagus, sudah cukup mengenyangkan. Lalu shalat magrib,” katanya.

Chef sekaligus Penggagas program Seribu Sedekah mengatakan disarankan untuk mengganti minuman manis yang terbuat dengan gula pasir dengan bahan yang natural terkandung dalam buah-buahan. Misalnya jeruk, pepaya dan semangka sangat tepat bagi mereka yang menginginkan hidangan manis dan segar kala berbuka.

“Tapi kalau tidak ada gula alami pakai gula pasir boleh, tapi tidak berlebihan. Agar tidak menimbulkan kantuk,” tambahnya.

Chef Haryo menerangkan agar mengurangi metode masak digoreng. Makanan gorengan akan menimbulkan lemak trans yang menyebabkan banyak penyakit.

“Sebenarnya berpuasa ini adalah momen agar tidak berbuka dengan berat-berat seperti masakan yang digoreng, metode menggoreng akan memicu lemak jenuh. Inilah yang memicu terjadinya strok, lumpuh, dan obesitas,” jelasnya.

Referensi :

Hanya Makan Kurma Saat Berbuka, Apakah Cukup? – DokterSehat.Com
Chef Haryo Rekomendasikan Berbuka Kurma dan Air Putih – REPUBLIKA.CO.ID,
Manfaat Berbuka dengan Kurma dan Air Putih – REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA