Bosan dengan Kurma, 8 buah Pengganti yang Tak Kalah Sehat

0
30

8 buah pengganti kurma

Kurma merupakan buah yang menjadi bahan makanan yang dianjurkan Rasulullah ketika berbuka puasa. Hingga pada minggu terakhir puasa, terkadang ada rasa bosan mengkonsumsi kurma. Lantas, apakah ada buah pengganti yang cocok untuk berbuka selain kurma?

Ada apa dengan kurma dan reaksinya pada tubuh saat mengonsumsinya ?

Pada kurma terkandung gula alami yang berguna menggantikan energi dalam tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Ketika berpuasa, tubuh mengalami beberapa perubahan, termasuk enzim. Enzim yang diproduksi oleh sistem pencernaan perlahan berkurang jumlahnya selama berapa lama durasi berpuasa.

Lapisan yang melindungi perut akan berkurang sesuai dengan lamanya waktu berpuasa. Akhirnya, jika mengonsumsi makanan yang cenderung bersifat asam maka mengakibatkan mengiritasi pada perut, rentan mengalami masalah pencernaan.

Gula alami pada kurma sebenarnya terkandung dari beberapa jenis buah lain. Kira-kira, apa sajakah makanan atau minuman yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti buah kurma ?

Berikut ini 8 buah pengganti kurma saat berbuka puasa antara lain :

1. Semangka atau Buah pir

Semangka dan buah pir merupakan buah lain yang cocok untuk dijadikan makanan berbuka puasa selain kurma. sama-sama memiliki kandungan gula alami yang tinggi yaitu 17 gram.

Kandungan unggulan pada kedua buah ini adalah kandungan cairan dan serat yang tinggi bermanfaat untuk pencernaan tubuh saat berbuka.

Karena kandungan airnya, kedua buah ini cocok digunakan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa, berhubung saat puasa tubuh kita cenderung mengalami dehidrasi karena asupan air yang berkurang selama beraktivitas. Semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92% sehingga dapat membantu tubuh mendapatkan kembali cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

2. Apel

Apel dikenal sebagai buah sejuta manfaat. Ketika berbuka puasa, sebuah apel dapat membantu menyiapkan organ pada sistem pencernaan secara perlahan-lahan agar dapat menerima makanan yang lebih kompleks.

Walau kandungan air masih kalah dari buah semangka, tetapi apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang memiliki peran penting menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Tanpa disadari saat berpuasa, kecenderungan untuk mengonsumsi makanan dan minuman berlebih lebih tinggi, terutama saat berbuka. Selama hampir 13 jam tanpa asupan apapun, sehingga sebagian orang merasa tidak apa-apa jika makan berlebihan ketika berbuka dan meningkatkan risiko obesitas (kegemukan).

Selain membantu kerja sistem pencernaan tubuh, serat dalam apel dapat memberi Anda efek kenyang, mencegah anda untuk mengambil makanan lebih banyak daripada yang Anda butuhkan.

3. Blewah

Buah blewah ini sering digunakan sebagai makanan pembuka selalu ada setiap bulan Ramadan. Namun, tak disangka ternyata blewah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Seperti kandungan kalium, vitamin A, B, dan C, serta serat. Blewah dapat melancarkan pencernaan tubuh. Sehingga, sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

4. Pepaya

Si manis oranye ini tak kalah dalam berbagai manfaat untuk kesehatan. Pada pepaya terkandung berbagai macam vitamin dan serat, sehingga baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari berbagai macam kuman penyakit. Oleh karena itu, pepaya cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan pembuka pengganti kurma saat berpuasa.

5. Anggur

Dalam 8-12 butir sedang buah anggur matang, terdapat 23 gram gula yang termasuk cukup banyak. Untuk itu konsumsi buah anggur bisa Anda jadikan pengganti kurma dengan mengonsumsinya sebanyak 4-5 buah saat baru berbuka.

Anggur termasuk jenis buah yang mudah dicerna karena kandungan air dan serat yang tinggi, sehingga baik untuk dimakan sebelum memulai makanan utama berbuka puasa. Serupa dengan buah apel yang membantu menyiapakan sistem pencernaan perlahan sebelum memproses jenis makanan yang lebih kompleks.

Anggur dapat membantu mengatasi sembelit. Pastikan buah anggur sudah matang dan rasanya manis agar tidak ada rasa asam yang bisa mengganggu pencernaan ketika dikonsumsi saat berbuka.

6. Pisang

Berbuka puasa jangan lupa mengonsumsi makanan yang mengandung glikogen. Tahukah anda, makanan kandungan kadar glikogen tinggi ternyata membantu memulihkan energi lebih cepat. Salah satu contohnya termasuk buah pisang.

Rasanya yang manis, dalam pisang terkandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Walaupun begitu, jangan lupa untuk mengonsumsi pisang berlebihan ketika berbuka puasa. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar glikogen tinggi berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Alpukat

Alpukat kaya akan serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan vitamin, seperti vitamin A, B, K, D, dan E, sehingga jika mengonsumsi buah alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan lebih baik.

Kelebihan berbuka dengan alpukat adalah dapat membuat kenyang lebih cepat, sehingga dapat lebih mengontrol diri ketika menyantap makanan utama ketika berbuka puasa.

8. Buah mangga

Buah mangga mengandung gula dan termasuk paling tinggi dibandingkan jenis buah lainnya, yakni 45 gram gula dalam satu buah mangga ukuran sedang.

Manfaatkan konsumsi buah mangga sebagai pengganti kurma, namun tetap batasi porsi maksimal ½ hingga ¾ buah mangga untuk konsumsi satu orang. Pastikan tidak memilih buah mangga yang masih mentah karena selain rasanya asam dapat mengganggu lambung.

5 buah-buahan pengganti kurma halodoc.com
Bosan Makan Kurma? 5 Makanan Ini Juga Bisa Beri Manfaat yang Serupa! – DokterSehat.Com
3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa – hellosehat.com